Kasus Pertama, Satu ODP di Teluk Bintuni Positif Covid-19

0
377
Direktur RSUD Teluk Bintuni, dr Eka W. Suradji
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni menginformasi kasus pertama positif Covid-19. Sesuai siaran pers Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, Kamis (16/4/2020) yang disampaikan oleh dr. Eka w. Suradji menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan PCR pada BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan)  Makassar dan konfirmasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 16 April 2020, maka telah ditemukan satu Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni positif terinfeksi covid-19.
“Kami baru saja memeriksa hasil darah dan lain – lain dari yang bersangkutan. Kalau ada perubahan hasil baru akan ada langkah lanjutan,” kata dr. Eka.
Dikatakannya, Tn. CA, berdomisili di Distrik Manimeri, terindikasi terpapar Covid-19 pada kegiatan keagamaan di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan antara tanggal 18 – 20 Maret 2020. Tiba kembali ke Kabupaten Teluk Bintuni pada 28 Maret 2020 melalui jalur darat via Manokwari dan telah discreening oleh posko darat Satgas Covid-19.
Dinyatakan sebagai ODP pada tanggal 28 Maret 2020, diberikan terapi Covid-19, ditegakan isolasi mandiri dengan pengawasan satgas. Riwayat kontak erat ODP ini telah didata dan masing-masing orang dengan riwayat kontak erat telah diperiksa oleh satgas covid.
Saat ini ODP tersebut tidak menunjukan gejala Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA) ataupun demam. Satgas Covid-19 sedang menunggu hasil pemeriksaan berikutnya untuk konfirmasi apakah yang bersangkutan sudah dalam keadaan sembuh atau dalam proses pemulihan.
“Pasien rencana akan dirawat di rumah sakit untuk memastikan bahwa yang bersangkutan sudah dalam fase pemulihan,” terangnya. Sementara untuk keluarganya akan menjalani isolasi mandiri di rumah. (at/bm)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.