Jelang Pilkada, Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Faham Radikalisme dan Intoleransi

0
48
Jelang Pilkada, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Teluk Bintuni menggelar sosialisasi bahaya faham radikalsime dan intoleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Kamis (1/10/2020).(Foto: klikpapua)
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Teluk Bintuni menggelar sosialisasi bahaya faham radikalsime dan intoleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjelang Pilkada Serentak 2020.
Kegiatan yang diselenggarakan di aula Kantor KPU Teluk Bintuni, Tisay, Distrik Bintuni, Kamis (1/10/2020), bertujuan untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Teluk Bintuni yang adil, aman, dan damai.
Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Teluk Bintuni, Agustinus M. Rumbino, mengatakan dalam momen Pemilukada, salah satu bentuk ancaman saat ini ialah politik identitas, isu sara digunakan sebagian pihak sebagai kampanye hitam. Pasalnya tidak hanya itu sebagian masyarakat mengisi masa kampanye dengan provokasi, ujaran kebencian, dan berita bohong. “Ancaman ini adalah medan perang kita bersama. Oleh karena itu,  saya mengingatkan dua senjata yang kita punya untuk memerangi bahaya intoleransi dan radikalisme,” katanya.
Yang pertama kata Rumbino, harus melibatkan aparat penegak hukum, dan harus bertindak netral dan adil, serta berimbang dalam penegakan pelanggaran pemilu. Kemudian yang kedua pentingnya peranan masyarakat sipil. “Di sini saya minta kerjasama dan sinergitas yang baik dari tokoh masyarakat,  tokoh adat, tokoh agama, kalangan politik, agar dapat mengedukasi masyarakat untuk melakukan perlawanan  terhadap narasi – narasi kebencian,” ujarnya.
Lebih lanjut Pjs. Bupati mengajak semua  menyadari bahwa politik adalah sebuah seni dan pilkada hanyalah momentum untuk menikmatinya. Untuk itu ia berharap masyarakat dapat lebih matang dalam menghadapi Pilkada tahun 2020. “Kepada kedua pasangan kandidat, silahkan sampaikan ide, gagasan, program, serta munculkan prestasi yang telah dicapai maupun target yang akan dicapai, sehingga masyarakat mendapat gambaran yang jelas tentang kualitas calon pemimpin yang akan mereka pilih,” katanya.
Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Pjs. Bupati, Kapolres Teluk Bintuni AKBP Hans R. Irawan, Kajari Teluk Bintuni Marthen Tandi, Dandim 1806 Teluk Bintuni Letkol Arm Fence Doantus Marani, komisioner Bawaslu. Serta diikuti oleh perwakilan tim dari pasangan calon, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tamu undangan lainnya. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.