Hadiri Kegiatan GP Ansor,Bupati Kasihiw: Wujudkan Organisasi yang Baik,Butuh SDM Berkompeten

0

BINTUNI,KLIKPAPUA.com– Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw membuka Diklat Terpadu Dasar (DTD) yang diselenggarakan Gerakan Pemuda Ansor, Sabtu (18/12/2021) di sanggar Pemberdayaan masyarakat SP 4.

Bupati yang hadir bersama wakil Bupati Matret Kokop juga didampingi sejumlah pejabat seperti Anggota DPR PB Abdul Rumkel dan Samsudin Seknun sert sejumlah pejabat daerah.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, pengkaderan yang dilakukan GP Ansor bertujuan menjawab tuntutan nasional dan tantangan global. Bahwa untuk mewujudkan sebuah organisasi yang baik diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam penyelenggaraan organisasinya.

“Untuk menciptakan sumber daya manusia diperlukan peningkatan mutu profesionalisme, sikap pengabdian dan kesetiaan pada organisasi untuk perjuangan bangsa dan negara, semangat persatuan dan kesatuan,” ujar Bupati.

Dikatakan pula, Ansor dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama dari situasi konflik internal dan tuntutan kebutuhan alamiah. Organisasi inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Gerakan Pemuda Ansor setelah sebelumnya mengalami perubahan nama seperti PPNU, PNU dan Anshor Nadlotul Ulama (NU).

Sampai saat ini Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) telah berkembang sedemikian rupa menjadi organisasi kemasyarakatan Pemuda Indonesia yang memiliki watak, kepemudaan, kerakyatan, keislaman dan kebangsaan.

GP Ansor hingga saat ini telah berkembang dan memiliki 443 cabang tingkat kabupaten/kota dibawah koordinasi 32 pengurus wilayah tingkat provinsi hingga tingkat desa.

“Saya kagum kepada GP Ansor karena kemampuannya mengelola keanggotaan khususnya Banser yang memiliki kualitas dan kekuatan tersendiri di tengah masyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kasihiw berharap GP Ansor serta Banser selalu merenungkan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, Empat pilar tersebut harus benar-benar menopang kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga terciplah NKRI menjadi negara yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur.

“Saya mengajak anggota GP Ansor termasuk Banser senantiasa ikut serta dan selalu membantu pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni untuk mewujudkan masyarakat yang maju, produktif unggul dan berdaya saing” katanya.

Kasihiw juga berpesan agar peserta mengikuti pendidikan hingga selesai dengan penuh semangat.

Dalam kegiatan tersebut, Turut hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Matret Kokop serta dua anggota DPR Provinsi Papua Barat yakni Syamsudin Seknun dan, AbduL Rumkel.

Sementara itu, Ketua Panitia Muhammad Mizaka menjelaskan, Diklat Terpadu Dasar (DTD) Ke IV yang diselenggarakan di sanggar BPM Kampung Banjar Ausoy SP 4 Distrik Manimeri, diikuti peserta sebanyak 56 orang, yang terdiri dari pemuda dan pemudi yang berada di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni Seperti Kota Bintuni, Distrik Manimeri, Distrik Babo, Distrik Kamundan dan wilayah pesisir lainnya.

” Untuk DTD tiga hari, dan akan ditutup dengan kegiatan outbound dan pada hari ini opening seremoninya” katanya.

Adapun pembina diklat yaitu dari instruktur wilayah Pengurus Ansor Banser Papua Barat sebanyak dua orang, sedangkan untuk pemateri diklat selain dari pemateri lokal adapula pemateri dari Pimpinan Pusat Satkornas Banser, yang akan mengisi materi tentang keBanseran melalui via zoom.(dr)

SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.