Diklat Prajabatan CPNS K2, Bupati Harapkan Terbentuk Karakter ASN yang Profesional

0
590
KLIKPAPUA.COM, BINTUNI – Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw secara resmi membuka Diklat Prajabatan CPNS Kategori Dua (K2) golongan I, II dan III, di Gedung Serbaguna Guna, Kota Bintuni, Rabu (10/7/2019). Diklat ini merupakan kerjasama antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat, dengan Pemda Teluk Bintuni.
Bupati mengatakan, sumber daya manusia dan aparatur merupakan asset yang tidak dapat ternilai dalam suatu organisasi. Dilain sisi, ASN terus menjadi sorotan dan di kritisi oleh seluruh elemen masyarakat di era yang menjunjung tinggi demokrasi ini.
“Sesuai Peraturan pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan Pegawai Negeri Sipil, maka peningkatan potensi profesi PNS sangat penting untuk ditumbuh kembangkan,” kata Bupati.
Dikatakan Bupati tujuan diklat prajabatan adalah untuk membentuk karakter PNS yang professional yaitu, PNS yang karakternya terbentuk oleh nilai nilai dasar PNS, sehingga dalam menjalankan tugas dan peran secara professional.
“Penyelenggaraan Diklat merupakan salah satu cara membangun kapasitas sumber daya aparatur yang handal, ideal yaitu, peningkatan keterampilan, kompetensi dan sikap dalam mengayomi dan memberdayakan masyarakat serta menciptakan visi dan pola pikir dalam melaksanakan pemerintahan umum dan Pembangunan deni terwujudnya kepemerintahan yang baik yang berpengaruh positif dalam kinerja,” ujarnya.
Peserta Diklat Prajabatan CPNS Kategori Dua (K2) golongan I, II dan III dilingkup Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni.
Diklat prajabatan juga merupakan sebuah pembekalan komprensif agar PNS memiliki pengetahuan dalam rangka menentukan wawasan kebangsaan untuk membangun aparatur yang handal dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.
“Keistimewaan inilah yang membedakan profesi PNS dan profesi lainya. Karena PNS bukan mencari materi semata tapi merupakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” katanya lagi.
Oleh karena itu, Bupati berharap agar para peserta agar sunguh -sunguh, tertib dan disiplin dalam mengikuti diklat ini. Serta lebih utamakan hasil dan manfaat bukan hanya menjadikan pelengkatp administrasi untuk menjadi PNS.
“Pemerintah juga berharap dengan Diklat ini, PNS mampu bekerja secara efektif, efisien dan akuntabel dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta memiliki integritas dan tangung jawab pada tugas tugas kedinasan demi terwujudnya masyarakat Teluk Bintuni yang maju, produktif dan berdaya saing,” harap Kasihiw.
Adapun jumlah peserta diklat prajab sebanyak 588 orang yang terbagi dalam 4 gelombang, masing maiang gelombang sebanyak 160 orang.
Peserta pergrlombang akan secara bergiliran mengikuti prajab dalam kurun waktu 10 juli hingga 15 agustus mendatang. (at)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.