Bimtek Humas dan Protokoler, Bupati Kasihiw Tekankan Posisi dan Peran Masing-Masing

0
32
Bimbingan Teknis Kehumasan dan Bimtek MC dan Protokoler Kabupaten Teluk Bintuni tahun anggaran 2021.
BINTUNI,KLIKPAPUA.com—Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw bersama Wakil Bupati Matret Kokop, Selasa (28/9/2021) membuka acara Bimbingan Teknis Kehumasan dan Bimtek MC dan Protokoler Kabupaten Teluk Bintuni tahun anggaran 2021.
Acara yang digelar di salah satu hotel di Bintuni ini, menghadirkan narasumber dari Dari puskara (pusat kajian aparatur negara) Benny Cahyadie, S.STP., M.Si dan Paulus Suardi, S.S., M.Si.
Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Dominggus Patikawa dalam laporannya mengatakan, pada era globalisasi serta kompetisi yang semakin ketat dewasa ini, dukungan publik sangat mutlak  dibutuhkan oleh sebuah lembaga demi kelangsungan dalam menjalankan sebuah kebijakan dan mekanisme yang menyertainya.
Sejalan dengan itu, peran protokol dalam suatu acara terlebih pada lingkup pemerintahan juga sangatlah penting, merujuk pada Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan. “Oleh sebab itu, kami mengikut sertakan pejabat administrator, pejabat pengawas dan  pegawai pelaksana di lingkungan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni yang berkaitan erat dengan tugas kehumasan dan keprotokolan dalam kegiatan bimbingan teknis kehumasan in,” kata Patikawa.
Dalam sambutannya Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw menjelaskan, menurut Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan,l adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/ kedudukannya dalam negara, pemerintahan atau masyarakat.
Bahkan secara luas arti protokoler adalah seluruh hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan atau sebuah acara baik formal maupun non formal yang dilaksanakan oleh institusi atau organisasi. “Jadi protokoler juga diatur mulai dari sambutan-sambutan, laporan panitia itu singkat saja, nanti kasih kesempatan bupati dan narasumber untuk berbicara, ini hal kecil tapi bisa mempengaruhi bagaimana cara pandang seseorang tentang posisi dan peran masing-masing,” kata Bupati.
Kasihiw juga mengatakan, dari serangkaian kegiatan pembukaan bimtek ini dapat dipahami bahwa protokol memiliki peran yang sangat penting dalam suatu kegiatan atau sebuah acara terutama kegiatan atau acara yang dihadiri oleh pimpinan institusi/organisasi. “Melalui kegiatan ini besar harapan saya hal-hal inilah yang dapat kita pelajari dan praktikkan melalui kegiatan bimbingan teknis ini,” harap Bupati.
Kasihiw mengajak peserta yang terlibat dalam bimbingan teknis ini agar berikan perhatian dan konsentrasi terbaik pada acara ini, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan berorganisasi maupun berpemerintahan,  demi mewujudkan masyarakat Teluk Bintuni yang maju, produktif dan berdaya saing menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.
Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 60 orang, yang berasal dari 15 orang pegawai pada bagian Humas dan Protokol Setda, 4 orang pelaksana pada ruangan pimpinan, 6 orang pengurus dari 3 organisasi, dan 35 orang pegawai pada OPD Pemerintah Teluk Bintuni.
Dana kegiatan ini berasal dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Teluk Bintuni. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Matret Kokop juga mengalungkan tanda peserta secara simboli kepada peserta.(dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.