Sanusi Rahaningmas Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Raja Ampat

0
123
WAISAI,KLIKPAPUA.com– Anggota DPD RI Dapil Papua Barat, M. Sanusi Rahaningmas sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika) bagi pemuda di Raja Ampat. Sosialisasi tersebut digelar disalah satu kedai cafe depan Pantai WTC, Jalan Fundar Sakela, Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, 11 April 2021.
Pelaksanaan sosialisasi empat pilar ini merupakan program rutinitas yang dilaksanakan oleh MPR RI yang terdiri dari DPD RI dan DPR RI setiap tahun sekali dalam rangka menanamkan jiwa dan semangat patriotisme masyarakat bagi bangsa dan negara.
Sanusi mengatakan, sosialisasi kali ini  melibatkan perwakilan peserta dari masyarakat terutama kelompok pemuda Nusantara, organisasi pemuda karena pemuda adalah generasi penerus bangsa, tongkat estafet yang akan melanjutkan perjuangan pembangunan bangsa di masa yang akan datang.
Pemuda-Pemudi merupakan ujung tombak sekaligus tongkat estafet perwujudan nilai-nilai Pancasila, para Pemuda Pemudi di Raja Ampat harus mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya
Menurutnya, sosialisasi di kabupaten Raja Ampat merupakan kabupaten keempat yang didatanginya. Meskipun hanya satu kali bertemu. Namun dirinya berupaya untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan dalam rangka sebagai penyangga idiologi suatu bangsa dan negara.
“Insya Allah, saya akan berupaya keliling daerah pemilihan Provinsi Papua Barat untuk menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan. Karena, waktunya masih panjang. Dan kita juga dibatasi situasi Pandemi Covid-19 maka peserta yang dilibatkan tidak terlalu banyak,”katanya.
Dia berharap dengan materi-materi sosialisasi ini, peserta dapat menyampaikan kepada keluarga, anak-anak didik serta lingkungan. Sehingga merekapun memahami terkait dengan pentingnya empat pilar kebangsaan. “Sosialisasi Empat Pilar ini sangat penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa, agar kehidupan sebagai  bangsa Indonesia semakin kokoh serta masyarakat bisa memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara pro aktif menjaga sendi-sendi utama lainnya, yakni UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” harapnya
Sosialisasi Empat Pilar ini, lanjut Sanusi sangat penting bagi kehidupan, karena sampai saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan dan rintangan, terkait rongrongan baik dari dalam maupun luar. Dan yang perlu dijaga ialah idiologi-idiologi yang akan merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara di NKRI ini. ” Ini menjadi tanggungjawab kita sebagai anggota MPR RI dari setiap daerah pemilihan masing-masing, untuk melakukan sosialisasi dengan tujuan memberikan penguatan kepada seluruh masyarakat, ” jelasnya
Sembari menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan semua pihak saling menjaga toleransi beragama, hubungan baik antara warga masyarakat baik Nusantara maupun Orang Asli Papua dari Sabang sampai Merauke.”Walaupun kita berbeda warna kulit dan rambut akan tetapi kita tetap satu bangsa, satu tanah air dalam bingkai NKRI,” pungkas Sanusi. (djw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.