Peningkatan ODP Itu Konsekuensi dari Pergerakan Manusia

0
126
Juri Bicara Satgas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Sampai hari ini status Orang Dalam Pemantauan (ODP) total sebanyak 426 orang, yang masih dalam pemantauan atau karantina sebanyak 345 orang. Sedangkan yang sudah selesai  dalam pemantauan sebanyak  81 orang.
“Memang  ada peningkatan, tapi itu konsekuensi dari pergerakan kita manusia masih tetap tinggi, dan bisa juga dari kontak antara ODP, PDP dan yang terkonfirmasi, terutama yang di luar,” kata Juri Bicara Satgas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap saat ditemui di sekretariat  Satgas Covid-19 Papua Barat, Jum’at (3/4/2020).
Lanjut Arnoldus mengatakan, untuk Kabupaten  Fakfak  jumlah ODP sebanyak 74, yang masih dalam pemantauan karantina sebanyak 64, dan yang sudah selesai pemantauan 10. Kabupaten Kaimana ODP 11 dan semua masih dalam pemantauan, Kabupaten Teluk Wondama  ODP 10 dalam pemantauan 5, selesai pemantauan 5. Dan untuk Kabupaten Teluk Bintuni  ODP 3 dan semua masih dalam pemantauan.
Untuk Kabupaten Manokwari ODP 86 Dalam Pemantauan 50, selesai pantauan 36. Kabupaten Sorong Selatan ODP 66 semua masih dalam pemantauan.  Kabupaten Sorong ODP 49 , 39  masih dalam pemantauan, 10 selesai dalam pemantauan.
Kabupaten Raja Ampat ODP 19 dalam pemantauan 18, selesai dalam pemantauan sebanyak 1 orang. Kabupaten Manokwari Selatan ODP 3 dan masih dalam pemantauan, dan yang terakhir  Kota Sorong ODP 105 dalam pemantauan 89, selesai dalam pantauan 19.
Menurut dr.Arnoldus untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap sama seperti yang kemarin, tidak mengalami perubahan 10,  9 di Sorong dan  1 di Manokwari yang sudah meninggal.
Specimen yang sudah dikirim kembali  negative itu ada 5,  Kota Sorong 2,  Manokwari Selatan 1, Kabupaten Manokwari 1, Bintuni 1, positif masih tetap 2, namun 1 sudah meninggal, sehingga yang sudah meninggal ada 3 pasien.
“Kita sudah melakukan pengambilan swab atau specimen  sebanyak 23  yang terdiri dari Kabupaten Teluk Bintuni 3, Manokwari 4, Manokwari Selatan 2 dan Kota Sorong 14, sehingga total sampel yang dikirim sebanyak 22 yang berasal dari Bintuni 2, Manokwari 4, Manokwari Selatan 2 dan Kota Sorong 14, dan total yang menunggu hasil sebanyak 15 yang berasal dari daerah  Bintuni 1, Manokwari 3, Manokwari Selatan 1 dan Kota Sorong 10,” jelas Arnoldus.
 Ditambahakan Arnoldus, dengan adanya penambahan ODP pada Sorong Selatan karena  beberapa hari lalu para ODP itu ikut kegiatan di Jogja, Jakarta kemudian pulang.
 “Karena mereka berasal dari sana dan teman-teman dari  Tim Satgas Sorong Selatan langsung mengelompokkan mereka ,” pungkasnya.(aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.