Soal Pembangunan Gedung SDN 52 Drs. Dominggus Mandacan, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan Pegaf

0
348
PEGAF, KLIKPAPUA.COM–Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Dominggus Saiba,  angkat bicara soal pembangunan gedung SDN 52 Drs. Dominggus Mandacan.
Untuk diketahui, murid-murid di sekolah ini terpaksa menggunakan gedung gereja sebagai tempat melaksanakan proses belajar- mengajar setiap hari. Sejak menerima peserta didik baru pada tahun 2018 lalu, sekolah yang berada di Kampung Ullong, Distrik Anggi ini,  belum  mempunyai bangunan  maupun ruang kelas sama sekali.
Menurut Dominggus, pembangunan gedung sekolah belum dapat dilakukan karena pemerintah daerah dalam hali ini dinas pendidikan setempat  belum mempunyai anggaran untuk membiayai pembangunan sekolah ini.
Ia pun mengakui penggunaan gedung gereja sebagai ruang kelas sementara adalah petunjuk dari dinas pendidikan kepada Plt kepala sekolah. “Memang dapodiknya maupun persyaratan lainnya sudah oke, namun kami belum mempunyai anggaran untuk pembangunan gedung sekolah. Jika tahun 2020  anggaran sudah ada, kami siap membangun 6 ruang kelas, kantor, maupun rumah dinas untuk guru,” kata Dominggus saat ditemui di Distrik Anggi, belum lama ini.
Pada kesempatan tersebut, Dominggus juga menanggapi soal belum adanya penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada SDN 52 Drs Dominggus Mandacan. Plt kepala sekolah yang juga menjadi tenaga pengajar/guru tunggal di sekolah ini terpaksa menggunakan uang pribadinya untuk membiayai kepentingan non personalia seperti  biaya Alat Tulis Sekolah (ATS), pembinaan siswa/ekstra kurikuler maupun biaya non personalia lainnya.
Dominggus menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dilengkapi  oleh  SDN 52 Drs Dominggus Mandacan maupun sekolah-sekolah baru lainnya untuk mendapat dana BOS. Namun ia mengonfirmasi jika saat ini syarat-syarat  tersebut, sudah dipenuhi oleh SDN 52 Drs Dominggus Mandacan. Sehingga dalam waktu dekat atau pada triwulan 4 sekolah ini akan mendapatkan dana BOS yang disalurkan oleh pemerintah pusat melalui Dinas Pendidikan Papua Barat.
“Dapodiknya sudah singkron. jadi dalam waktu dekat, SDN 52 Drs Dominggus Mandacan akan mendapatkan dana BOS bersama 2 sekolah baru lainnya. Sementara pada triwulan 2 lalu, juga ada 3 sekolah baru yang sudah dapat dana BOS,” pungkasnya.(rls/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.