Sudah Seminggu Puskesmas Anggi Tutup, Warga Butuh Layanan Kesehatan

0
902
Sudah satu minggu Puskesmas Anggi tidak memberikan layanan. (Foto : klikpapua.com)
PEGAF,KLIKPAPUA.COM–Sudah seminggu petugas kesehatan di Puskesmas Anggi manggelar aksi mogok kerja. Terhitung sejak Senin (23/9) lalu Puskesmas Anggi tidak membuka pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar. Pasien yang akan berobat terpaksa mengurungkan niatnya untuk datang ke puskesmas, lantaran tidak ada petugas medis yang akan melayani mereka.
Dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar. Warga merasa dirugikan karena tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas Anggi.
Salah satunya yang diungkapkan oleh Perianus Suga. Ia mengaku dalam seminggu ini telah beberapa kali mengunjungi puskesmas untuk memeriksakan dirinya, namun tidak ada seorang petugas medis yang ditemuinya di sana.
Perianus merasa dirugikan karena tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan di puskesmas yang menjadi satu-satunya fasilitas kesehatan di Sistrik Anggi.  “Sudah seminggu tidak ada pelayanan sama sekali di Puskesmas Anggi. Masyarakat sangat dirugikan kalau begini terus, yang lebih mengkhawatirkan kalau ada pasien yang dalam keadaan darurat nantinya, sementara puskesmas yang lain sangat jauh,” kata Perianus.
Ia pun mengharapkan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) dalam hal ini dinas kesehatan setempat agar menyelesaikan masalah yang terjadi agar  petugas medis kembali membuka layanan kesehatan di Puskesmas Anggi. “Kalau bisa dinas kesehatan melakukan mediasi antara warga dan petugas kesehatan, agar layanan di puskesmas kembali terbuka,” harap Perianus.
Untuk diketahui,  mogok kerja yang dilakukan oleh petugas kesehatan merupakan buntut dari  insiden gangguan orang mabuk yang sering mengganggu mereka. Tak cuma di ganggu, oknum warga yang  dalam pengaruh minuman beralkohol juga sering  kali mengeluarkan kata-kata ancaman kepada petugas  di Puskesmas Anggi.
Sementara itu, melalui sambungan telepon, Minggu (29/9/2019), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pegaf, Timotius Nuham, mengaku telah menjalin komunikasi dengan bawahannya di Puskesmas Anggi. Meski tidak bisa memastikan waktunya, Timotius yang sedang tugas luar kota optimis layanan kesehatan di Puskesmas Anggi akan kembali normal seperti biasanya.
“Sudah ada pembicaraan dengan mereka (petugas kesehatan), tapi saya belum bisa memastikan kapan layanan di puskesmas kembali normal,” katanya.(rsl/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.