Banyak Partai Rekomendasikan YosMar Jilid II pada Pilkada 2020

0
527
Bupati Pegaf Yosias Saroy didampingi Wakilnya Marinus Mandacan.

PEGAF– Setelah menyatakan sikap untuk kembali maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2020 di Kabupaten Pegunungan Arfak, pasangan Yosias Saroy dan Marinus Mandacan (YosMar) nampaknya akan mendapat banyak “perahu” pada kontestasi politik tahun depan.

Setelah beberapa waktu lalu, DPC Golkar dan Perindo telah menyatakan siap untuk merekomendasikan pasangan yang masih menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Kabupaten Pegaf saat ini, beberapa parpol juga belakangan menyatakan siap mendukung YosMar jilid II.

Partai Garuda, PKPI, dan PKS adalah tiga parpol yang belakangan ini menyatakan sikap untuk merekomendasikan YosMar untuk maju kembali. “Partai Garuda yang memiliki 1 kursi di DPRD Pegaf siap mendukung YosMar jilid kedua pada pilkada serentak tahun depan,” kata legislator partai Garuda, Yosam Indou, saat dijumpai pada acara puncak perayaan HUT Pegaf ke-7, di Distrik Sururey, Sabtu (16/10/2019).

Meskipun rekomendasi belum diberikan secara resmi kepada YosMar, anggota DPRD Pegaf yang masih berusia 26 tahun menyatakan, tidak ada nama balon yang ideal untuk direkomendasikan oleh partainya selain pasangan incamben tersebut. “Hasil dari survey internal kami, tidak ada nama yang lain selain YosMar,” ungkapnya.

Sikap yang sama ditunjukkan oleh DPC PKPI Pegaf. Mereka lebih memilih figur yang sudah populer ditengah-tengah masyarakat ketimbang nama balon lain yang kurang populer. “YosMar sudah mendapat tempat di hati masyarakat Pegaf, tentu ini menjadi modal yang bagus. Kami tidak ingin pasangan yang di usung PKPI nanti kalah pada pilkada tahun depan,” kata April Indou, anggota DPRD Pegaf dari partai PKPI.

Mantan wakil ketua II DPRD Pegaf periode 2014-2019 ini menilai sosok pasangan petahana tersebut  memiliki pengalaman yang sangat menghuni ketika dibandingkan dengan nama-nama lain. “Sudah pernah di DPRD Manokwari, pernah di DPRD Papua barat meski hanya setahun, dan pasangan incamben yang tentunya sarat akan pengalaman untuk memimpin Pegaf satu periode lagi,” katanya lagi.

Senada yang diungkapkan oleh legislator Garuda dan PKPI, di tempat yang sama, Wakil ketua DPC PKS pegaf Yeskel Towansiba menyatakan, tidak ada nama lain yang akan direkomendasikan oleh partainya selain pasangan YosMar.

Meskipun belum ada surat  rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPC PKS pegaf,  Yeskel yang juga duduk sebagai anggota DPRD Pegaf periode 2019-2020 mengungkapkan, telah menutup pendaftaran balon karena telah mengantongi nama pasangan yang dinilainya sudah berpengalaman di bidang politik dan pemerintahan.

“Walaupun belakangan hari ada pasangan calon yang datang mendaftar, kami sudah menutup pintu karena 100 persen rekomendasi dari PKS akan diberikan kepada YosMar,” tandasnya.

Dengan sikap yang diambil oleh ketiga parpol di atas, sudah ada beberapa parpol yang telah menyatakan sikap untuk mendukung pasangan petahana. Nasdem yang sudah pasti merekomendasikan YosMar, Golkar dan Perindo serta Garuda, PKPI, dan PKS yang belakangan juga akan mendukung YosMar untuk jilid II.

Jika keenam partai tersebut konsisten dengan apa yang telah disampaikan, maka pasangan YosMar sudah mengantongi setengah dari perolehan kursi di DPRD Pegaf atau sudah memiliki lebih dari batas minimum dukungan jalur parpol untuk maju pada pilkada serentak tahun depan. Diketahui Nasdem, Golkar, Perindo, dan PKS masing-masing dua kursi Sedangkan PKPI dan Garuda satu kursi.(rsl)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.