Wagub Jadi Irup Peringatan HUT Pegaf ke-7

0
43
Wagub saat menjadi irup pada perayaan HUT Pegaf ke-7 di Distrik Sururey

PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Wakil Gubernur Papua barat, Muhammad Lakotani menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pegunungan Arfak ke -7 di lapangan Sururey, Distrik Sururey, Sabtu (16/11/2019).

Sebelumnya, sekitar pukul 08:55 WIT Lakotani tiba di Distrik Sururey dengan  menggunakan sebuah helikopter. Wagub kemudian langsung disambut oleh Bupati Pegaf Yosias Saroy dan Sekretaris Daerah Ever Dowansiba.

Sebelum upacara HUT Pegaf ke-7 dimulai, protokoler membacakan sejarah singkat berdirinya daerah dengan julukan negeri di atas awan Papua tersebut.

Dalam amanatnya, Wakil Gubernur Papua barat Muhammad Lakotani mengatakan, lahirnya Kabupaten Pegaf berdasarkan UU no.24 tahun 2012 telah memberikan kontribusi positif yang membangun bagi masyarakat setempat. Warga di 166 kampung dan 10 distrik kemudian lebih merasakan pembangunan di segala bidang yang dilaksanakan oleh pemerintah sejak daerah ini dipimpin oleh pejabat bupati pertama Drs. Dominggus Mandacan hingga saat ini.

Lakotani menyebutkan, keberadaan daerah yang mekar dari Kabupaten Manokwari  masih baru dan terbilang muda, untuk itu ia meminta pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dalam melaksanan pembangunan.

Dimana pemerintah membangun, masyarakat ikut mendukung pembangunan dengan tidak menghalangi proses-proses pembangunan.

Lakotani meminta pemerintah daerah setempat untuk serius dalam pengembangan potensi unggulan daerah.  pegunungan Arfak merupakan salah satu daerah di wilayah Papua barat yang memiliki potensi pariwisata yang unggul. Selain itu, potensi pertanian juga disebut-sebut menjadi potensi unggulan daerah ini, namun pemerintah daerah belum maksimal dalam pengembangan dua potensi tersebut.

“Saya berharap pemerintah dan masyarakat dapat bekerja sama memberikan kontribusi yang membangun dalam pengembangan potensi wilayah di 10 distrik dengan menggali seluruh seluruh potensi unggulan yang ada, sehingga kedepan Pegaf dapat menjadi daerah agrowisata pegunungan andalan di Papua barat sesuai dengan penetapan daerah ini sebagai daerah destinasi wisata pegunungan oleh gubernur Abraham Atururi pada Festival arfak pertama tahun 2015,” minta Lakotani.

Pada kesempatan tersebut, Lakotani juga menyentil kemalasan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Pegaf. Wagub berharap melalui momen HUT ke-7 dapat menjadi titik balik dari ASN untuk berubah, sehingga upaya peningkatan pelayanan dan pembangunan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

“Kapada seluruh ASN tingkatkan kinerja untuk melayani masyarakat, tunjukkan totalitas dan loyalitas terhadap pekerjaan bapak dan ibu sebagai abdi Negara,” tandasnya.

Usai menjadi irup perayaan HUT Pegaf ke-7, Wagub menyempatkan diri mengikuti acara resepsi HUT di kantor Distrik Sururey sebelum  meninggalkan Kabupaten Pegaf menuju ibukota provinsi. (rsl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.