14 SMP di Pegaf Gelar UAS, Masih Sistem Manual

0
139
Siswa SMP di Pegaf tengah mengikuti Ujian Akhir Sekolah, Senin.
PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Sebanyak 14 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pegunungan Arfak menggelar ujian akhir sekolah (UAS), pada Senin (16/3/2020).
Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Pegaf, Dominggus Saiba mengungkapkan, pelaksanaan UAS di daerah tersebut akan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu dari tanggal 16 Maret sampai pada tanggal 20 Maret 2020 mendatang.
“Dari 13 SMP negeri dan 1 SMP swasta hari ini sudah melaksanakan UAS. Hari ini pengawas sedang memantau langsung kegiatan UAS di seluruh SMP,  Rencananya UAS akan dilaksanakan selama 5 hari sampai hari Jumat nanti,” ungkap Dominggus.
Pada kesempatan tersebut, Dominggus mengungkapkan, seluruh SMP yang ada di daerah tersebut masih menggelar ujian dengan cara manual. Hal ini disebabkan SMP yang berada di ibukota Distrik Anggi maupun 9 distrik lainnya belum mempunyai sarana dan prasarana untuk melakukan ujian nasional maupun ujian sekolah berbasis  komputer.
Lebih lanjut dikatakannya, penyelenggaraan ujian akhir sekolah tingkat SMP di daerah bukanlah ujian terakhir yang dihadapi oleh para siswa kelas lll, namun masih ada ujian Nasional yang menanti para generasi penerus  bangsa ini.
Untuk itu, ia mengharapkan, setelah UAS berakhir siswa-siswi dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada pertengahan April 2020 mendatang.
“Ujian ini menentukan nasib anak-anak selama 3 tahun menimbah ilmu di SMP.  Setelah UAS, saya mengharapkan guru dan siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional nanti. Nilai dari Ujian sekolah akan dikirim ke pusat untuk persentase 40 persen UAS dan 60 persen UN,” pungkasnya.(rsl/bm)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.