Kepala Suku Dataran Isim Minta Polsek Subsektor Segera Dibangun

0
570
Kepala Suku Dataran Isim Harun Iba saat menyampaikan usulan di hadapan Kapolres Mansel ketika dilakukan tatap muka, Sabtu lalu. (Foto: klikpapua.com)
RANSIKI,KLIKPAPUA.COM– Kepala Suku Dataran Isim Harun Iba mengusulkan pembangunan Polsek Subsektor di wilayahnya. Usulan itu disampaikan langsung di depan Kapolres Manokwari Selatan dalam acara sosialisasi Pra Bintara Noken Polri, Sabtu (26/1/2020).
Ia juga mengatakan, dengan adanya Kapospol di Dataran Isim bersama anggotanya, pihaknya sangat merasa aman, khususnya dalam penyelesaian masalah cepat ditanggapi.
Terkait harapan itu, perlu di bangun kantor Polsek Subsektor untuk ditempati. “Harapan kami apabila ada masalah sudah ada tempat untuk penyelesaiannya, karena untuk sementara ini Kapospol bersama beberapa anggotanya masih menginap di masyarakat yang ada di sini,” terang Harun Iba.
Hal yang sama di kemukakan oleh Ketua DAS Dataran Isim Matias Iba. Dia mengutarakan bahwa dengan adanya pembangunan pos polisi di sini untuk pelayanan ke masyarakat dapat berjalan dengan baik. Untuk itu selaku ketua DAS ia berharap hal sama yang di harapkan oleh kepala suku besar untuk segera di bangun pos polisi.
Kepala Distrik Dataran Isim, Agustinus Iba yang juga merupakan pemilik hak ulayat saat di konfirmasi mengemukakan bahwa tanah untuk fasilitas umum sudah dihibakan seluas 5 hektar (ha), meliputi untuk Kesehatan, Pendidikan dan Perkantoran. Ini dihibahkan sejak 2018 lalu.
Kepala Distrik Dataran Isim, Agustinus Iba.
Pelepasan adat juga telah lengkap. Saat ditanya luas tanah yang diserahkan untuk tanah pos polisi, ia menjawab, disediakan seluas 1 hektar.
Lanjut ia menambahkan, bahwa yang tertuang dalam pelepasan adat tanah yang di hibahkan ini dengan maksud, apabila ada dari pemilik hak ulayat yang melakukan tes polisi, tentara, dan PNS agar mereka dapat di akomodir.
“Dengan itu saya rasa sudah jelas maka tidak ada pihak yang akan mengklaim karena tanah ini sudah tanah yang sudah di hibahkan dengan sertifikat pelepasan adat yang sudah lengkap,” tambahnya.
Dia berharap tahun 2020 ini, kantor Polsek Subsektor dapat segera berdiri di distrik yang paling jauh dari ibukota Kabupaten Manokwari Selatan ini, dengan jumlah masyarakat yang cukup banyak, sekitar 7 ribu lebih, tersebar di 12 kampung dan berbatasan dengan Kabupaten Teluk Bintuni.
Selain itu, kata Agustinus Iba, Dataran Isim juga memiliki kekayaan alam baik dari sektor kehutanan maupun pertambangan, dengan adanya pos polisi di sini maka untuk memantau sumberdaya alam seperti kayu yang keluar dapat terpantau.
Kapolres Manokwari Selatan, AKBP Slamet H, Termawud  menanggapi permintaan dari kepala suku Harun Iba, menuturkan bahwa terkait dengan pembangunan Polsek Subsektor untuk Dataran Isim akan segera diupayakan dan dikoordinasikan kepada Kapolda Papua Barat. (eap/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.