Christofel Mandacan Rindu Kebersihan Ransiki, Pernah Jadi Daerah Terbersih di Tanah Papua

0
95
MANSEL,KLIKPAPUA.com – Jelang Peringatan HUT Kabupaten Manokwari Selatan ke – 9 tahun, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari Selatan gandeng Karang Taruna kompleks Waran membersihkan jalan di sekitar kompleks tersebut.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Christofel Mandacan mengatakan, ini kegiatan untuk mengawali pembersihan di Ransiki.
Selanjutnya, kata Christofel, pembersihan lingkungan akan menyasar jalan masuk Distrik Ransiki, Jalan Utama Pantai Raipawi sampai Sabri. “Nanti semua OPD akan melakukan pembersihan jalan lingkungan untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Manokwari Selatan ke IX,” tuturnya.
Christofel berterima kasih, dan mengakui potensi kecintaan dan kesadaran Karang Taruna Kompleks Waran untuk melakukan pembersihan lingkungan sangat tinggi.
“Kami dari dinas lingkungan hidup hanya menggerakkan dengan fasilitas mesin babat dan plastik sampah dan truk angkutan  dari pemuda karang taruna sendiri bergerak untuk melakukan pembersihan,” akunya.
“Nah, potensi kecintaan lingkungan  dari Pemuda karang taruna ini yang akan kita angkat dalam kegiatan pembersihan lingkungan dengan semangat peduli lingkungan yang mereka miliki,” tambahnya.
Ia berharap depan dapat mendorong potensi pemuda karang taruna lainnya untuk menjaga lingkungan secara bersama-sama.
“Tingkat kesadaran pemuda karang taruna terhadap kecintaan lingkungan sangat tinggi. Untuk itu kita akan dorong terus supaya bekerjasama dengan kita, karena sebelum jadi kabupaten waktu masih distrik dari tahun ke tahun selalu mendapatkan penghargaan dari Provinsi Papua sebagai kota terbersih di Tanah Papua, waktu masih jamannya Kepala Distrik Pak Marpaung,” ungkap mantan Kadis Pendidikan ini.
Dia memiliki kerinduan untuk mendorong kembali kesadaran masyarakat Ransiki tentang kebersihan. “Karena sebenarnya sudah tertanam di dalam hati masyarakat di Ransiki tentang kebersihan sebelumnya, sehingga kita tinggal poles saja,”katanya.
Christofel juga mengimbau kepada masyarakat untuk menyiapkan sampah di depan rumah setiap Selasa dan Jumat. “Karena kami dari Dinas Lingkungan Hidup membuat program jemput sampah di depan rumah terutama di jalan utama, sehingga kami berharap setiap pemilik rumah wajib membersihkan, terutama botol plastik wajib di bersihkan. Kalau sudah di bersihkan nanti kami dari Dinas Lingkungan Hidup akan jemput.”
Untuk kegiatan pembersihan akan mulai dari Oransbari sampai Distrik Ransiki dengan harapan masyarakat mencintai kebersihan. “Kota ini indah, kalau kita mencintai Manokwari Selatan berarti kita mencintai keindahan kota,” tuntasnya. (eap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.