Unipa Berkolaborasi Bersama Pemprov dalam Riset dan Pengembangan Masyarakat

0
80
Rektor Unipa, Prof. Dr Meky Sagrim (Kemeja Putih) saat ditemui usai membuka kegiatan webinar series keaneka ragaman hayati Papuanesia dengan tema ilmu untuk kemanusiaan menjawab tantangan pengelolaan hutan Papuasia di Hotel Mansinam Beach Manokwari, Rabu (23/9/2020). (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI, KLIKPAPUA.COM–Universitas Papua (Unipa) terus mendorong dan membantu Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam mewujudkan Provinsi berkelanjutan dengan riset secara khusus dan juga dalam pengembangan masyarakat.
Karena saat ini Provinsi Papua Barat  sementara digaungkan Perdasus untuk  pembangunan provinsi berkelanjutan. “Dengan digaungkannya Perdasus pembangunan provinsi berkelanjutan, sehingga  kita di perguruan tinggi sudah membangun kolaborasi yang baik sekali dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat,” ungkap Rektor Unipa,Dr. Meky Sagrim,M.Si saat ditemui wartawan usai membuka kegiatan webinar series keaneka ragaman hayati Papuanesia dengan tema ilmu untuk kemanusiaan menjawab tantangan pengelolaan hutan Papuasia di Hotel Mansinam Beach Manokwari, Rabu (23/9/2020).
Melalui kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Papua Barat telah melakukan kolaborasi dalam hal-hal yang berkaitan dengan riset secara khusus dan juga pengembangan masyarakat maka kebijakan berada di pemerintah. Sedangkan universitas memiliki porsi yang berkaitan dengan riset dan pengembangan.
Menurutnya, kegiatan seperti ini awalnya dari Balitbangda, ini merupakan awal untuk berdiskusi dan berkolaborasi dengan mitra. “Dalam hal penelitian dan pemerhati terhadap masalah lingkungan dan juga pengembangan masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia,” ucapnya.
Untuk duduk bersama-sama melakukan kolaborasi  dan diskusi, kemudian dapat segera melaksanakan riset dan juga menyusun rencana untuk mewujudkan apa yang menjadi cita-cita dimaksud. “Kalau kita bikin aturan saja, tapi tidak tertuang di atas meja, atau hanya disimpan di lemari, dan tidak di-follow up dengan tindakan nyata, itu menjadi mubazir, dan cita-cita tidak akan terwujud dengan baik,” katanya.
Selain kegiatan webinar yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) yang bekerjasama dengan Fakultas Kehutanan Universitas Papua (Unipa) Manokwari, dilaksanakan juga  penandatangan MoU antara  Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama UNIPA.(aa)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.