Tournament E-Sport Piala Gubernur Papua Barat Ajang Mencari Atlet Menuju PON 2024

0
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Kemajuan teknologi terus tumbuh dan berkembang dengan cepat serta dinamis, sehingga menimbulkan banyak peluang yang tidak boleh diabaikan, bahkan perlu segera direspon.
Salah satu peluang tersebut hadirnya Olah Raga Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan Elektronik Sport atau E-Sports.
Secara umum, peminat Esport berasal dari generasi muda milenial, yang berpartisipasi dengan semangat dan komitmen secara pribadi perorangan untuk menjadi Atlet E-Sports Profesional. Oleh karenanya perlu adanya wadah berupa platform panduan untuk mengakomodir semangat mereka dalam mewarnai kehadiran olahraga baru ini.
Hal ini disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Esport Indonesia (PB-ESI) Papua Barat Brigjen TNI TSP Silaban  saat membacakan sambutannya pada opening grand final Esport Piala Gubernur Papua Barat yang dilaksanakan di Gedung PKK, Selasa (6/12/2022).
Menurutnya, E-Sports adalah olahraga permainan atau game yang bersifat interaktif dan kompetitif, dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, konsol, handphone, dan lain sebagainya. Yang masuk dalam kategori cabang olahraga Esport wajib memenuhi unsur tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan dan strategi.
Cabang olahraga E-Sports berwenang dan bertanggung jawab mengelola, membina, mengembangkan dan mengoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan kegiatan E-Sports di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.
PB-ESI memiliki maksud dan tujuan untuk menyelenggarakan, mengembangkan, mendidik serta membina atlit Esports untuk meningkatkan potensi diri serta membangun jiwa dan kepribadian yang luhur.
Pelaksana kegiatan-kegiatan E-Sports untuk mengasah pengetahuan, mental, teknik, strategi, kerjasama, motivasi, pengambilan keputusan dan fokus keterampilan serta kreativitas untuk meraih prestasi gemilang dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
“Memupuk rasa persaudaraan dalam rangka membangun persatuan dan kesatuan serta ikut berpatisipasi menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk membangun olahraga nasional demi kejayaan bangsa dan Negara,” ungkapnya.
Lebih lanjut disampaikan, dengan memanfaatkan semangat energik yang sama dari generasi muda, PB-ESI lahir menjadi satu-satunya wadah untuk mendukung para atlet muda E-Sport ini agar lebih beradaptasi dalam mengatasi industri baru dan yang sedang berkembang ini.
Setiap langkah yang diambil para atlet ini dengan kesadaran penuh bahwa mereka membawa juga kesempatan untuk melayani Provinsi Papua Barat khususnya dan Indonesia secara umum untuk mempertahankan martabat nasional di tingkat global.
Silaban menjelaskan dimana sejauh ini atlet E-Sport Papua Barat telah menoreh prestasi yaitu pada ajang eksibisi Esport di PON ke-20 tahun 2021 di Papua, dengan memperoleh mendali Perak – juara II pada nomor cabor PUB-G Mobile.
“Untuk itulah, melalui restu Penjabat Gubernur Papua Barat, maka PB-ESI Provinsi Papua Barat memandang perlu menyelenggarakan kegiatan tournament perebutan Piala E-Sport Gubernur Papua Barat tahun 2022 dengan tujuan untuk menjaring atlet E-Sport daerah Papua Barat guna melaksanakan kegiatan pelatihan, pembinaan dan bimbingan dalam rangka persiapan keikutsertaan pada perhelatan PON ke 21 di Provinsi Aceh tahun 2024 nanti,” pungkasnya. (aa)
 
 
 
 
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.