Tiga Kabupaten Ini Terima 10 Ribu Bibit Pisang Barangan Merah dari BPTP Balitbangtan Papua Barat

0
116
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Papua Barat telah membagikan 10 ribu bibit Pisang Barangan Merah kepada Kelompok Masyarakat  di tiga kabupaten di Provinsi Papua Barat.
Hal ini disampaikan BPTP  Balitbangtan  Papua Barat, Zainal Abidin saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (25/1/2022).
Zainal Abidin mengatakan tahun lalu telah didatangkan 10 ribu bibit Pisang Barangan Merah dan tahun ini sudah dibagikan ke Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan dan Sorong.
“Pisang Barangan Merah ini merupakan pisang jenis baru yang kita datangkan dari  Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat yang bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti), kita diberikan bibit  sebanyak 10ribu,” ungkapnya.
10 ribu bibit tersebut terbagi untuk Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan mendapatkan 7500 bibit, sedangkan untuk  Kabupaten Sorong mendapatkan 2500 bibit.
Lebih lanjut Zainal mengatakan pemberian bibit ini  untuk mendorong pengembangan jenis pisang (jenis pisang premium). Pisang Barangan Merah ini termasuk jenis pisang untuk eksport. “Kita coba lihat di masyarakat kalau bisa berkembang dengan baik maka kita akan tambahkan lagi. Harapan  kita nantinya akan ada alternatif-alternatif pisang lain yang akan ditanam oleh masyarakat, selain pisang yang selama ini dikembangkan masyarakat, akan kita perbanyak jenis-jenis pisang yang ditengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (aa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.