Swiss Belhotel Manokwari Siapkan Posko Pemeriksaan Bagi Tamu yang Berkunjung

0
177
General Manajer Swiss Belhotel Manokwari, Andi Syawal. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM–  Swiss Belhotel Manokwari menyiapkan tenaga kesehatan di lobi untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh para tamu yang berkunjung ke hotel itu.
Hal ini disampaikan Adri Syawal, selaku General Manajer Swiss Belhotel Manokwari saat ditemui, Sabtu (14/03/2020). “Dalam hal kepedulian kita dengan covid-19, kita dari Swiss Bel ikut berpartisipasi dengan menyiapkan posko untuk  covid-19,” ujarnya.
Disiapkan posko ini untuk mempermudah berkoordinasi dengan Puskesmas Sanggeng. “Panitia juga sudah dibentuk beberapa waktu lalu oleh gubernur yang diketuai oleh Bapak Derek. Di sini juga kita bisa  mendapat informasi-informasi tentang covid-19,” jelasnya.
Ditambahkan pemeriksaan suhu di lobi hotel sudah berjalan. “Setidaknya mengetahui dini lebih awal, kita tidak tau temam-teman kita yang ada di sini apakah dia positif atau negatif, perhatikan saja kalau dalam ruangan ada 20-50 orang, semua sehat satu saja yang tidak sehat, apakah tidak mungkin yang lain ikut sakit,” ungkapnya.
Menurutnya, virus ini tidak seperti penyakit-penyakit diare dan lain-lain, virus ini bisa menyebar lewat jabat tangan. Maka itu di resepcion, di konter hotel di siapkan anti septik untuk cuci tangan.
“Untuk masker sendiri itu susah dan langkah jadi kami belum menyiapkan masker gratis, tapi kalau ada dinas yang mau menyiapkan kami akan menerima dan taruh di konter,” terangnya.
Langkah tersebut menurutnya dilakukan bukan . untuk membatasi mengunjung, melainkan membantu sesama untuk mengetahui lebih dini apakah orang tersebut sakit atau sehat. “Mencegah lebih baik daripada melarang orang,” tuturnya.
Dengan melarang orang berkunjung seperti ke Bali dan lain-lain, menurutnya, telah membuat pendapatan daerah semakin berkurang, devisit negara berkurang. “Jadi ini membuat orang susah, terutama kalau hotel dampaknya cepat sekali karena kunjungan wisata tidak datang,” katanya.
Menurutnys, pemeriksaan di lobi akan dilakukan setiap hari sampai suasana sudah kondusif. “Untuk pelayanan pemeriksaan suhu kita bekerjasama dengan RSAL Manokwari,” tuturnya.
“Yang pasti kita menjaring dari yang datang dari luar dulu untuk kita yang ada di Manokwari sinikan insya Allah sehat semua, dengan itu kita perlu antisipasi dengan mengetahu lebih dini. Para tamu hotel juga kita akan menyuruh untuk mengisi form kunjungan yang dilakukan belum lama ini,” tambahnya.(aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.