Puluhan Ribu Warga Manokwari Belum Rekam E-KTP, Disdukcapil Jemput Bola

0
51
Warga Manokwari
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manokwari, Rustam Efendy. (Foto: Elyas/klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Dalam upaya percepatan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bagi masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Manokwari jemput bola (jebol) mendatangi warga hingga ke distrik maupun kelurahan/Kampung.

Kepala Disdukcapil Rustam Efendy mengatakan, masih ada sekitar puluhan ribu masyarakat belum melakukan perekaman E-KTP. Hal itu juga, dilakukan terlebih masih dalam masa Pandemi Covid-19, dimana masih ada pembatasan bagi masyarakat.

“Masih ada warga Manokwari yang  belum melakukan perekaman E-KTP sekitar 80an ribu yang tersebar di 9 distrik. Sehingga kita berupaya mendatangi warga-warga didistrik maupun kelurahan atau jemput bola. Seperti yang dilakukan di kampung Arowi pada tanggal 10 Januari kemarin,”ujar Rustam baru-baru ini.

Selain itu,Rustam juga meminta agar warga yang sudah melakukan pernikahan secara agama namun belum tercatat di catatan sipil untuk bisa melapor. Agar dapat tercatat resmi oleh negara. Selain melakukan perekaman E-KTP, pembuatan Kartu Keluarga (KK), Pencatatan Kelahiran maupun layanan kependudukan lainnya.

“Sehingga pelayanan kita tidak hanya di kantor saja tetapi juga turun ke masyarakat. Dalam sistem pelayanan dikantor juga semuanya langsung terintegrasi sehingga pelayanan yang diberikan kemasyarakat bisa dilakukan dengan cepat sehingga tidak ada kerumunan,” tukasnya.(dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.