Bapenda Manokwari Tahun Ini Target PAD Capai Rp 63 Miliar

0
Bapenda Manokwari
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Manokwari, Sius Yenu. (Foto: Elyas/klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Manokwari, Sius Yenu mengatakan ditahun 2022 ini menargetkan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga mencapai Rp63 miliar.

Untuk mewujudkan target tersebut Bapenda akan melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita berupaya mencapai target PAD yang sudah ditetapkan, salah satunya dengan menyiapkan SDM untuk mengikuti digitalisasi pembayaran pajak sehingga non tunai. Sehingga kita berharap dari PAD kita dari Rp54 miliar ditahun 2021 menjadi ke Rp63 miliar ditahun 2022. Akan ada beberapa fasilitas yang ditambahkan dengan bekerjasama melalui perbankan,” ujarnya baru-baru ini.

Inovasi yang dilakukan, kata dia, juga untuk meningkatkan wajib pajak. Salah satu diantaranya Pajak Bumi dan Bangunan (PBN).

“Dengan inovasi itu untuk memberikan layanan kepada wajib pajak sehingga wajib pajak bisa membayar dari mana saja. Apalagi dengan kondisi pandemi Covid-19 diharapkan tidak ada lagi kerumunan dalam membayar pajak. PBB menjadi sumber pajak yang terus digenjot tahun ini karena potensinya masih sangat besar,”imbuhnya, sembari menyebut sumber pajak yang bisa dipungut daerah menjadi PAD diantaranya pajak restoran, pajak hotel, pajak parkir, pajak air tanah.(dra)

SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.