Pemkab Manokwari Siapkan Lahan untuk Gelanggang Kreatifitas Anak Muda Papua

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Pemerintah Kabupaten Manokwari menyiapkan hibah lahan untuk pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH) atau Gelanggang Kreatifitas Anak Muda Papua.

Asisten I Sekretariat Daerah Manokwari Wanto di Manokwari mengatakan ada tiga pilihan lahan dengan besaran hingga mencapai dua hektare itu berada di Kelurahan Wosi, Distrik Manokwari Barat serta Kelurahan Sowi dan Kelurahan Anday, Distrik Manokwari Selatan.

“Tapi ini masih akan dibicarakan lagi dengan pak Bupati (Hermus Indou). Tapi kami jelas berkomitmen untuk menyerahkan tanah,” terangnya, Senin (21/11/2022)

Wanto menyebut PYCH itu direncanakan dibangun pada 2023 mendatang. Hanya saja dia menyebut pilihan lokasi bangunan tersebut belum ditentukan.

“Kalau luasannya nanti pas dan lokasinya sudah pasti kemungkinan nanti dianggarkan pembangunannya,” kata dia.

Koordinator Papua Muda Inspiratif (PMI) Papua Barat Simon Tabuni menyebut anak muda di Papua Barat sangat berterima kasih kepada Pemkab Manokwari atas rencana pembangunan PYCH.

Dia mengatakan pembangunan gedung tersebut adalah bentuk kerja sama pihaknya dengan Pemkab Manokwari untuk mengadakan aset tanah yang nanti dihibahkan ke PMI.

Dia memastikan jika hibah tanah sudah diadakan oleh Pemkab Manokwari maka pembangunan PYCH langsung dilakukan oleh Kementerian PUPR.

“Ini akan menjadi wadah bagi pengembangan kreatifitas dan juga inovasi anak muda yang ada di Kabupaten Manokwari dan secara luas di Provinsi Papua Barat,” sebut Simon.

Kata dia, model bangunan PYCH akan sedikit mirip dengan gedung serupa yang dibangun di Jayapura, Provinsi Papua.

“Kalau di Jayapura modelnya Honai dan model rumah adat Tabi. Kalau di Manokwari akan digunakan desain arsitektur lokal yang akan mengikuti model rumah suku-suku yang ada di Papua Barat,” ujar Simon.

Disekitar PYCH nantinya akan dibangun fasilitas olahraga, asrama laki-laki dan perempuan serta pusat aktifitas inkubasi bisnis anak Papua.

“Pusat inkubasi akan digunakan untuk pelatihan dan pendampingan yang diberikan agar anak muda Papua yang berwirausaha dapat berkembang dan usahanya bisa lebih besar,” tukasnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.