Pantau Kehadiran Pegawai, Bupati Manokwari Sidak OPD

0
117
Bupati Manokwari Sidak OPD
Bupati Manokwari Hermus Indou dan jajaran, saat sidak di Disdikbud Manokwari.(Foto: Elyas/klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Aparatur Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari mulai kembali bekerja pasca libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru pada Senin, (3/1/2022).

Pada hari pertama kerja ini, Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou,  melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dingkungan pemerintahannya.

Dalam Sidak tersebut didampingi oleh Sekda Kabupaten Manokwari, drg. Henri Sembiring, para Asisten Setda Kabupaten Manokwari, Tenaga Ahli, dan pejabat lainnya.

Bupati Hermus mengatakan, sidak ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan para pegawai baik PNS ataupun tenaga honorer.

Sidak ini dimulai pukul 12.00 WIT, terlebih dahulu menyambangi kantor Dinas Pendidikan dan kebudayaan Manokwari, diteruskan ke kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UMKM Manokwari, kemudian kantor Dinas Kesehatan Manokwari.

Sejumlah absensi di ketiga instansi ini langsung dipantau bupati. Selain melakukan sidak, Bupati Hermus juga melakukan dialog dengan kepala dinas dan jajarannya.

“Ini saya lihat kehadiran sudah 70 persen di dinas pendidikan, kedepan kalau bisa ditingkatkan lagi. Jam 8 sudah harus di kantor, tingkatkan disiplin waktu,” tuturnya kepada Plt. Dinas Disdikbud Manokwari, Marthinus Dowansiba dan jajarannya.

Dalam sidaknya, Bupati Hermus juga meninjau  sumberdaya manusia (SDM)  yang dimiliki oleh Disdikbud Manokwari sesuai kebutuhan sebagai penyelenggara pendidikan di daerah ini.

“Tadi sudah disampaikan, SDM yang dimiliki dinas pendidikan, ternyata masih terbatas. Kedepan, kebutuhan pegawa disampaikan kepada badan kepegawaian untuk bisa diadakan,” ujarnya.

Sementara Plt. Kepala Disdikbud Manokwari, Marthinus Dowansiba mengatakan, selain keterbatasan SDM, Disdikbud Manokwari saat ini masih menggunakan eks kantor Distrik Manokwari Barat, sehingga pelayanan terhadap masyarakat tidak optimal.

“Seperti yang bapak bupati lihat, sampai saat ini kita keterbatasan ruangan, sehingga pelayanan kepada tamu tidak optimal,” ujarnya.

Setelah mendengar keluhan Plt. Kadis Disdikbut itu, Bupati Hermus memerintahkan untuk segera menyewa tempat sebagai kantor untuk dapat meningkatkan pelayanan sembari menunggu kantor permanen.

Seperti diketahui, sejak terbakarnya kantor Disdikbud tiga tahun silam, hingga saat ini masih menggunakan bekas kantor distrik Manokawari Barat.

Setelah melakukan sidak ke tiga OPD itu, Bupati melanjutkan sidak ke Kantor Distrik Manokwari Barat, dan selanjutnya dijadwalkan sidak ke RSUD Manokwari.

Pesan yang sama juga disampaikan kepada OPD terkait, mulai dari kedisiplinan hingga etos kerja.(dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.