Otto:  Yang Gunakan Masker Itu Orang Sakit, Bukan Orang Sehat

0
Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan menerangkan, jika ketersediaan masker di wilayah tersebut masih aman. Pihaknya juga sudah melakukan pengecekan, menjamin ketersediaan stok masker aman di setiap Dinas Kesehatan Kabupaten yang ada di Papua Barat.
“Kami sudah melakukan pengecekan di setiap Dinas Kesehatan kabupaten yang ada di Papua Barat, untuk persiapan antisipasi percemaran virus berbahaya itu,” ujarnya saat ditemui usai rapat seluruh OPD Papua Barat di Hotel Aston Niu Manokwari, Jumat ( 6/3/2020 ).
Otto menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan masker khusus untuk orang sakit. Tentunya bukan untuk orang sehat. “Sebenarnya yang harus pakai masker itu orang yang sakit atau yang terkena virus corona, bukan yang sehat,” jelasnya.
Monitoring terhadap ketersediaan masker di apotek serta harganya di lapangan bervariasi dan sisa stok saja yang ada di apotek. “Untuk itu, di imbau kepada masyarakat Papua Barat, untuk tidak panik dan gunakan pola hidup sehat,” kata Otto Parorongan.
Dikarenakan virus tersebut tidak menular melalui udara, melainkan kontak fisik. Artinya, gunakan pola hidup sehat, air bersih, olahraga, konsumsi makanan yang bergizi dan jangan lupa bersihkan lingkungan sekitar kita agar terhindar dari penyakit. “Tentunya saya juga berharap supaya teman-teman wartawan bisa memberikan informasi yang akurat, hingga tidak menimbulkan kecemasan terhadap warga Papua Barat,” tandasnya.(aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.