Nonton TV Digital Bisa Dilakukan Tanpa Set Top Box

0
50
Ilustrasi. Nonton TV Digital Bisa Dilakukan Tanpa Set Top Box
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Ternyata nonton siaran TV digital bisa dilakukan tanpa Set Top Box (STB). Berikut akan dibagikan cara agar bisa nonton siaran TV digital tanpa STB.
Jika biasanya perangkat STB harus dipasang pada TV analog agar TV digital muncul, namun ternyata tak semuanya TV berlaku seperti itu. Nah simak sampai akhir bagaimana cara nonton TV digital tanpa STB dipasang di TV Analog.
STB adalah alat pelengkap yang dipasang pada televisi agar masyarakat bisa menikmati siaran TV digital dengan mudah dan nyaman. Tapi ternyata tanpa STB pun masyarakat masih bisa menikmati siaran TV digital dengan mudah.
Untuk bisa menikmati siaran TV digital tanpa menggunakan STB dengan mudah, masyarakat bisa langsung mengecek perangkat televisi yang ada di rumah masing-masing.
Apabila di dalam layar televisi terdapat pilihan DTV, maka televisi tersebut sudah bisa menangkap siaran TV digital tanpa harus menggunakan STB.
Selain cara tersebut di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar televisi yang ada di rumah mampu menangkap siaran TV digital dengan mudah.
Pertama, masyarakat bisa membuka laman https://siarandigital.kominfo.go.id/. Yang kedua, klik menu perangkat TV digital yang terdapat di layar televisi bagian atas.
Saat mengklik menu perangkat TV digital itu, di layar televisi kemudian muncul tiga pilihan kategori, yaitu nama perangkat, merek, dan model atau tipe.
Cara ketiga, pilih kategori “Televisi” pada bagian perangkat, dan masukkan merek serta model TV yang yang dimiliki. Selanjutnya, nama model TV yang telah dimiliki di rumah masing-masing akan tersedia jika memang mendukung untuk menangkap siaran TV digital.
Jika televisi yang sudah dimiliki di rumah masing-masing tidak atau belum mendukung untuk menangkap siaran TV digital, barulah masyarakat harus menggunakan STB sebagai alat pelengkap agar siaran TV digital bisa dinikmati dengan nyaman.
STB bisa dibeli dengan mudah secara offline di toko-toko elektronik terdekat, atau e-commerce. Harga perangkat STB TV digital diketahui juga beragam tergantung dari merek-nya.
Namun yang pasti, masyarakat disarankan untuk membeli STB resmi yang bersertifikasi Kominfo. STB rekomendasi resmi dari Kominfo akan menyuguhkan gambar dan suara yang jernih pada layar televisi.
Dengan demikian, masyarakat tak perlu lagi bingung, karena siaran TV digital bisa dinikmati dengan mudah tanpa harus menggunakan STB. (bm)
 #ASO #analogswitchoff #TVDigital #siarandigitalindonesia #ASO2022
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.