Natal IKT Manokwari, Bupati dan Gubernur Minta Warga Toraja Ikut Jaga Kamtibmas

0
679
Ibadah Natal Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Manokwari di Gedung Fasharkan TNI-AL Manokwari, Sabtu (7/12/2019) malam. (Foto: klikpapua.com)
MANOKWARI, KLIKPAPUA.COM— Lewat perayaan Natal IKT Kabupaten Manokwari, Bupati dan Gubernur meminta warga Toraja yang ada di daerah ini untuk ikut menjaga Kamtibmas.
Pesan tersebut disampaikan oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh staf ahli, George Rumbekwan dalam perayaan ibadah Natal Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Manokwari, Sabtu (07/12/2019) di gedung Fasharkan TNI-AL Manokwari.
Natal kali ini mengusung thema, hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang dan sub thema, Natal mempersatukan kita dalam memupuk persaudaraan yang rukun untuk menjadi sahabat bagi semua orang di Tanah Papua.
Rumbekwan menyampaikan, warga Toraja yang ada diwilayah Papua Barat harus bisa menjaga keamanan dan ketertiban antar umat beragama. “Mari kita rayakan Natal dan tahun baru di Papua Barat dengan situasi yang kondusif,” tuturnya.
Sementara itu, Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan mengatakan, momen Natal ini harus dijadikan sebagai suatu kebersamaan untuk merajut kasih guna membangun Manokwari dan Papua Barat. Bahkan kata Demas, tanpa Kebersamaan dan keamanan yang nyata, pembangunan tidak bisa berjalan lancar.
“Saya sebagai kepala daerah, menyampaikan apresiasi bagi seluruh keluarga besar toraja yang ada hingga ke wilayah pelosok. Manokwari adalah rumah besar milik kita bersama, mari saling bergandengan tangan dan menjaga situasi secara bersama-sama, agar tidak ada lagi hal-hal yang tidak diinginkan,” Kata Bupati Demas.
Sebelumnya, Ketua IKT Papua Barat, Kornelius Mangalik menyampaikan, warga Toraja yang ada di perantuan harus tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan di setiap kegiatan apapun. “Warga Toraja dikenal luas karena persatuan, kesatuan dan kebersamaannya yang kuat. Itu harus tetap dijaga serta setiap warga harus bisa memaknai esensi Natal dengan baik,” katanya.
Senada, Ketua IKT Manokwari, Appi Pakilaran menuturkan, sebagai bukti nyata dari kebersamaan warga Toraja di Manokwari, beberapa kesuksesaan telah berhasil diraih. Mengingat warga Toraja hidup dalam keberagaman di tengah masyarakat, maka kasih dan persahabatan harus terus diwujudnyatakan. “Iri hati, sifat kebencian, dendam dan pemarah harus dihilangkan. Natal membawa damai bagi kita semua,” tandasnya. (jst/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.