KPU Manokwari Mulai Terima Logistik Pemilu 2024 

0
KPU Kabupaten Manokwari mulai menerima logistik pemilu tahap pertama. Jumat (27/10/2023).
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari mulai menerima logistik pemilu tahap pertama.
Ketua KPU Manokwari, Christine Rumkabu, Jumat (27/10/2023) mengatakan, logistik pemilu yang sudah diterima yakni kotak suara dan tinta, sedangkan bilik surat suara dan kabeltis dalam perjalanan ke Manokwari menggunakan kapal laut. “Logistik kotak suara sebanyak 1.356. Sedangkan  kotak suara 3.383,” kata Cristin.
Dia menjelaskan, TPS di Kabupaten Manokwari 673 TPS. Setiap TPS memperoleh 5 kotak suara, begitu juga tinda 2 buah. “Jadi sudah di pila per 673 TPS, kemudian  PPD 8 kotak suara, totalnya 3.383,” jelasnya.
Dikatakan, jadwal distribusi masih lama menunggu tahapan. Jelas pemungutan suara H+3 sudah distribusikan logistik tersebut. “Ada tahapan di tingkat kami yakni sortir dulu dan pengekapan, sebelum distribukan ke masing-masing TPS,” ungkapnya.
Selanjutnya, KPU bakal menerima lagi logistik tahap kedua, seperti alat coblos, kelengkapan TPS lainnya, yang dikemas dalam satu paket. Bersama juga dengan formulirnya. “Itu semua menjadi satu paket saat pendistribusian logistik,”tuturnya.
Christine menuturkan, pendistribusian logistik dimulai dari distrik paling jauh yakni Distrik Tanah Rubuh dan Sidey. “Ada beberapa titik yang sulit dijangkau kendaraan, tentu dengan berjalan kaki cara memikul logistik ke TPS,” ungkapnya.
Lanjut dia, untuk menjaga agar logistik dalam kondisi aman, akan dikawal oleh petugas keamanan TNI dan Polri. Selain itu juga akan melibatkan petugas internal dari KPU Manokwari. “Tidak hanya aparat keamanan saja. Kita perdayakan staf di KPU Manokwari untuk menjaga logistik itu,” pungkasnya. (ar)

Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.