Ketua Gugus Tugas Nasional: Papua Barat Cukup Berhasil dalam Pengendalian Covid-19

0
369
Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, menilai Provinsi Papua Barat  cukup berhasil dalam mengendalikan Covid-19. Ini dilihat dari angka kematian dari Covid-19 sangat kecil dan angka kesembuhan cukup lumayan.
“Kami telah berkunjung ke beberapa provinsi hingga nanti terakhir di Merauke, kami sangat memberikan apresiasi kepada gubernur,wakil gubernur, serta seluruh pimpinan di Papua Barat yang telah berhasil mampu mengendalikan Covid-19 yang dilihat dari angka kematian paling kecil dibandingkan provinsi lain,” ungkap Doni Monardo pada rapat koordinasi bersama Gugus Tugas se-Papua Barat secara virtual di Aston Niu Hotel Manokwari, Selasa (7/7/2020).
Selain itu, ungkap Doni, tingkat kasus juga relative kecil dan angka kesembuhan yang cukup lumayan, diharap dijaga dan dipertahankan. “Tidak boleh lagi ada penambahan Covid-19, sekali lagi Covid-19 adalah malaikat pencabut nyawa bagi kelompok rentan (usia lanjut atau mereka yang punya penyakit bawaan),” tegasnya.
Cara-cara untuk menghindarinya, perhatikan protokol kesehatan, dan yang utama yakni dengan meningkatkan imunitas dengan olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan tidak  boleh panik, stress, dan makan manakan bergizi.
Doni menyampaikan di Papua Barat ini banyak makanan bergizi, seperti sagu. “Tadi di paparkan gubernur satu pohon sagu mampu menghasilkan 50 kg – 450 kg  sagu basah, artinya satu batang sagu bisa menghidupi  satu keluarga untuk beberapa bulan,” tuturnya.
Demikian juga makanan laut (seafood) seperti ikan, di Papua kaya akan ikannya, apalagi ikan tuna.  “Di sini kepala ikan tuna dibuang begitu saja, saya anjurkan manfaatkan kepala ikan tuna untuk dikonsumsi. Ini juga merupakan obat covid yang bagus, karena mengandung omega 3, banyak sekali aneka makanan seafood, sehingga kalau setiap saat warga Papua ,mengonsumsi  makanan yang  berkualitas, maka kami yakin warga Papua Barat akan terhindar dari Covid-19,” ungkapnya.
Doni mengajak semua warga untuk berdoa, mendukung langkah-langkah yang sudah dilakukan pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam penanganan Covid-19, agar bangsa ini bisa menjadi bangsa yang tangguh dalam menghadapi  dan melawan Covid-19.(aa/bm)
Editor: BUSTAM
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.