26.9 C
Manokwari
Sabtu, Februari 27, 2021
Beranda PAPUA BARAT MANOKWARI Jangan Khawatir,Kini Ada Pandawa BPJS Kesehatan Membuat Urusan Jadi Lancar Tanpa Antri

Jangan Khawatir,Kini Ada Pandawa BPJS Kesehatan Membuat Urusan Jadi Lancar Tanpa Antri

0
49
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com – BPJS Kesehatan berupaya memaksimalkan manfaat teknologi komunikasi digital berupa Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp atau bisa sebut juga dengan nama PANDAWA. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapatkan pelayanan di mana saja tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan dan mengurangi kunjungan tatap muka dalam masa pandemi Covid-19 ini.
“Jika ada peserta yang ingin melakukan perubahan terkait data kepesertaannya bisa langsung chat via Whatsapp pada nomor 082238202635. Nanti ada admin yang merespon untuk mengarahkan tahap-tahap yang harus diikuti peserta JKN-KIS,” jelas Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, Nur Fitria pada klikpapua.com, Senin (22/2/2021).
Dijelaskannya, pelayanan administrasi yang diakses melalui PANDAWA di antaranya daftar baru, tambah anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perbaikan data ganda dan yang lainnya.
“Pelayanannya tetap sama baik yang tatap muka maupun non tatap muka melalui PANDAWA, kami akan tetap memberikan pelayanan prima untuk peserta JKN-KIS dan jam pelayanannya juga sama dimulai pukul 08.00-15.00 WIT,” tutur Fitria.
Selain itu,  PANDAWA, BPJS Kesehatan masih memiliki kemudahan akses pelayanan kepesertaan lain tanpa perlu datang ke kantor. Beberapa diantaranya yaitu aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui App Store dan Play Store, kanal Chat Assistant JKN (CHIKA) melalui nomor 08118750400, dan juga Voice Interactive JKN (VIKA) yaitu pelayanan yang direspon oleh bot pada media sosial seperti Telegram dan Whatsapp.
Sri Sagala (27), salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang telah berhasil mengakses pelayanan PANDAWA merasa puas dengan pelayanan yang ia dapatkan.  “Tadi saya baru ganti jenis kepesertaan dari peserta mandiri (Pekerja Bukan Penerima Upah/PBPU) ke PNS (Pekerja Penerima Upah/PPU) melaui Whatsapp. Baru tahu tadi dari satpam di depan kalau ada pelayanan dari Whatsapp dan ternyata prosesnya cepat sekali. Jadi, sekarang kalau membutuhkan pelayanan kepesertaan dari BPJS Kesehatan sangat mudah sekali dan tidak perlu keluar rumah. Cukup dari smartphone semua selesai,” tutup Sri. (ars)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.