Kerab Dirindukan, Aman dan Nyaman Berada di Subsay

0
285
Balai Kampung Baru Subsay, Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari. (Foto: Ist)
KAMPUNG memberikan gambaran betapa berada di sana bisa menjadi hal yang kerap dirindukan. Kampung selalu bisa menjadi tujuan menyenangkan bagi siapa saja.
Bagi sebagian orang, kampung merupakan rumah. Di sanalah mereka berasal. Lahir dan dibesarkan. Meski harus keluar menuju perantauan, pada akhirnya mereka akan kembali pulang ke kampung, ke rumah yang dirindukan.
Bagi sebagian yang lainnya lagi, kampung memberikan efek menenangkan. Ketika kita lelah, stres, dan kewalahan oleh kebisingan dan polusi kota, kehidupan perkampungan menjadi satu-satunya jenis ‘surga’ yang tersedia bagi orang-orang yang mencari kedamaian, ketenangan, keindahan, dan harmoni.
Meski sering dianggap membosankan dan monoton, kenyataannya, kehidupan kampung menyegarkan. Kehidupan di kampung yang lebih dekat dengan alam, selalu riang dan menenangkan pada saat bersamaan.
Suasana ini dapat dirasakan di Kampung Subsay, Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari. Seperti pengakuan salah satu warga, Ahmad Iskandar. Kini dia banyak menghabiskan waktu berada di kampung itu.  “Saya rasa nyaman sekali. Kalau sudah di sini, saya kadang malas pulang ke kota,” ucap Jumadi, sapaan akrabnya.
Jumadi telah mendirikan rumah sebagai tempat bertedu sejak 2019. Ia juga memiliki rutinitas lain, yakni berkebun. “Saya senang di sini, masyarakatnya baik, terutama warga asli Arfak sangat ramah. Mereka sangat terbuka kepada orang yang datang. Ini yang membuat kami nyaman tinggal di sini,” ungkapnya. (Bustam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.