Dana Otsus Kembali Disalurkan ke Distrik, Kelurahan dan Kampung

0
Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan.(Foto: Aufrida/klikpapua.com)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM–  Tahun ini Dana Otsus kembali disalurkan ke distrik, kelurahan dan kampung. Ini disampaikan Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan saat ditemui wartawan usai membuka Musrenbang Distrik Manokwari Timur, Rabu (26/2/2020).
Bupati Demas mengatakan dana Otsus beberapa tahun terakhir tidak ada penyaluran, namun karena ada pertanyaan dari beberapa distrik, akhirnya pihaknya menyurat kepada gubernur, dan setelah beberapa kali dibahas dana tersebut kembali dialokasikan.
Lanjut Demas mengatakan soal pembagian untuk kampung Rp 225 juta, distrik Rp 150 juta, dan kelurahan Rp 100 juta. Penyaluran di tahun 2020 ini semua rata, tidak melihat besar atau kecil kampung.
Diharapkan dengan kembalinya penyaluran dana Otsus untuk kampung, dapat digunakan untuk keperluan masyarakat, bukan untuk dibagi-bagi. “Kalau boleh dibangunkan rumah atau untuk keperluan masyarakat agar masyarakat juga bisa merasakan perubahan pada kampung,” tutur Bupati Demas.
Dana tersebut menurutnya, dapat digunakan untuk merehap atau membangun rumah bagi masyarakat Orang Asli Papua. “Pengawasan dilakukan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, tapi yang lebih penting adalah pendamping, karena pendamping inikan langsung dibiayai dari APBN, sehingga harus turut bekerja  untuk mengawasi dan mendampingi penggunaan dana ini biar tepat sasaran. Kami sangat berharap dengan adanya dana ini bisa dimaksimalkan dengan pembangunan kampung,” tuturnya.(aa/bm)
Editor: BUSTAM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.