Dampak COVID-19, Serapan APBD Manokwari Pertanggal 2 Agustus 2021 Baru Capai 25,35 Persen 

0
98
Sekda Manokwari drg. Henri Sembiring
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Manokwari per tanggal 2 Agustus 2021 baru mencapai  25,39 persen. Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten  Manokwari drg. Henri Sembiring saat dikonfirmasi  melalui telepon selulernya, Senin (2/8/2021).
Menururnya, penyerapan APBD Kabupaten Manokwari masih sangat rendah, karena memang ada sumber dana yang belum masuk ke Kas Daerah dan adanya COVID-19 dengan  dibatasinya kegiatan-kegiatan baik pelatihan maupun  sosialisasi. “Saat ini masih dilarang melaksanakan  pertemuan  atau kegiatan karena adanya instruksi Gubernur dan Bupati,” tuturnya.
Kendala berikutnya,, kucuran dana DAK yang pekerjaan fisik, baru saja diusulkan ke KPPN untuk dimasukkan ke Kas Daerah. Hal itu yang membuat serapan anggaran  meskipun bsudah masuk semester kedua, masih agak rendah.  “Kami sudah melaksanakan rapat  evaluasi bersama semua pimpinan OPD terkait dengan penyerapan  anggaran tahun 2021 yang hingga saat ini masih rendah,” ungkapnya.
Sekda menyampaikan akan terus memonitor setiap OPD agar melaksanakan penyerapan yang tidak melanggar Protokol Kesehatan saat Pandemi Covid-19 saat ini.  “Kegiatan-kegiatan belum bisa dilaksanakan karena Papua Barat khususnya Kabupaten  Manokwari masih masuk dalam level 3,” tegasnya.
Sembiring menambahkan dimana untuk pekerjaan fisik masih dalam proses lelang, sehingga disarankan untuk seluruh pimpinan OPD secepatnya menjalankan pekerjaan fisik. Sekda menyampaikan akan terus mendorong seluruh pimpinan OPD untuk semaksimal mungkin, namun tidak melanggar aturan, khususnya dimasa pandemi COVID. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.