Beranda PAPUA BARAT MANOKWARI BPJN Papua Barat Sebut Truk Overload Penyebab Rusaknya Jalan Nasional

BPJN Papua Barat Sebut Truk Overload Penyebab Rusaknya Jalan Nasional

0
Kepala Seksi Preservasi Jalan dan Jembatan BPJN Papua Barat,Suraji. (Foto: Elyas/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Salah satu penyebab kerusakan ruas jalan nasional di Papua Barat disebabkan beberapa faktor. Di antaranya karena masih banyak truk overload atau kelebihan muatan yang melintasi jalan nasional.
Hal ini dikatakan Kepala Seksi Preservasi Jalan dan Jembatan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Barat, Suraji, usai menggelar razia bersama tim gabungan di Jalan Trikora Sowi IV, Kelurahan Sowi Distrik Manokwari Selatan, pada Kamis (10/3/2022).
“Beban maksimal untuk jalan nasional hanya 10 ton, lebih dari itu berarti overloading. Truk bermuatan lebih ini jadi salah satu penyebab rusaknya jalan nasional,” ujarnya.
Suraji menyebut, pada kegiatan razia hari ini banyak ditemukan kendaraan overloading, terlebih pada truk bermuatan semen dari pabrik semen Maruni. “Banyaknya kendaraan pengangkut semen dari pabrik semen Maruni menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan nasional,” sebutnya.
Melihat kondisi itu, BPJN Papua Barat akan menyurat berupa teguran, untuk segera melakukan normalisasi kendaraan dan pengurangan muatan. “Kami akan menyurat ke pabrik semen Maruni dan penyedia jasa pemilik kendaraan, dan kontener. Untuk tindakan hukum akan diserahkan kepada Polres Manokwari,” katanya.
Suraji menjelaskan, akibat muatan berlebih ini, menyebabkan kondisi jalan menjadi rusak dan menelan biaya pemeliharaan yang cukup besar. “Kalau dibiarkan maka kondisi jalan tidak bertahan lama, dan biaya pemeliharaan membengkak,” tandasnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com