Baznas Papua Barat Serahkan Bantuan untuk Tahfidz Al-Qur’an 

0
Kepala Distrik Prafi M. Ali Syamsul saat menyerahkan bantuan dari Baznas Papua Barat kepada para tahfidz. (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Papua Barat menyalurkan bantuan pendidikan kepada para penghafal Al-Qur’an (tahfidz) di dataran Prafi. Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Pondok Tahfidzul Qur’an, SP 4, jalur H, Rabu (21/12/2022).
Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian, Lilik Fajar Setiawan mengatakan jika bantuan tersebut merupakan implementasi dari Program Papua Barat Taqwa. “Dalam program besar ini ada tiga kegiatan, yakni pembinaan Mualaf, Da’i Baznas dan bantuan pendidikan kepada para Tahfidz,” ujar Lilik.

Menurut Lilik, para tahfidz termasuk dalam kategori fisabilillah, salah satu dari delapan asnaf (kelompok) yang disebutkan dalam qur’an berhak menerima zakat. “Baznas mendapat amanah mengumpulkan zakat dari para muzaki untuk kemudian disalurkan kepada mereka yang berhak, termasuk para tahfidz hari ini,” tambah Lilik sembari menyatakan bantuan ini jangan dilihat besar kecilnya, namun yang penting adalah keberkahannya.

Lilik menjelaskan, secara keseluruhan Baznas Provinsi memiliki lima program besar, yakni Papua Barat Cerdas, Papua Barat Sehat, Papua Barat Sejahtera, Papua Barat Peduli dan Papua Barat Taqwa. “Semua program ini tidak hanya dilaksanakan di Manokwari, tapi juga di kabupaten/kota yang ada di Papua Barat,” ungkapnya.
Alumni Unipa inipun mencontohkan bantuan kepada para mustahik (penerima manfaat) berupa bedah rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kabupaten Sorong. Di kabupaten tersebut, Baznas menggelontorkan dana Rp1,2 miliar untuk merenovasi 50 rumah.
“Saya baru saja monitor ke Kabupaten Sorong. Alhamdulillah, realisasinya sudah sekitar 70 persen. Semoga tahun depan program ini bisa dilaksanakan di Dataran Prafi dan sekitarnya,” ujar pria berkacamata ini datar.
Sementara itu, Kepala Distrik Prafi M. Ali Syamsul yang hadir pada kegiatan ini menyampaikan apresiasi karena Baznas Provinsi yang mau berkunjung ke pondok tahfidz yang berada di pinggiran sekaligus memberikan bantuan.
“Ini luar biasa, teman-teman dari Baznas Provinsi berkenan membantu warga kami yang selama ini belum mendapat perhatian dari lembaga serupa. Semoga ini akan berlanjut, begitu pula dengan program lainnya,” harap kepala distrik.
Hadir pula pada kegiatan ini, Ketua Baznas Provinsi Ali Mustofa, Pimpinan Bidang Pengumpulan Sali Pelu, Ketua Takmir Masjid Agung SP 4 Ustaz M. Mulyana, Pengasuh Pondok Ustaz Muhammad Syarifudin, pemuka agama Muhadi serta sejumlah undangan lainnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.