MANOKWARI, KLIKPAPUA.COM–  Mayor Jendral  TNI Ali Hamdan Bogra secara langsung memimpin apel bersama dalam rangka penyambutan dan pelepasan Pangdam  XVIII/ Kasuari, yang dilaksanakan di Lapangan Makodam VXIII/Kasuari.
Yang dihadiri Panglima Komando Daerah Militer XVIII/ yang baru,  Kasdam, Irdam, Serta seluruh PJU Kodam XVIII/ Kasuari, serta dihadiri Tokoh Adat, Tokoh Agama. Mayor Jendral TNI Ali Hamdan Bogra dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa apel bersama ini merupakan rangkaian serah terima jabatan Pangdam XVIII/Kasuari yang telah dilaksanakan di Mabesad, Jakarta Pusat pada Kamis (10/9/2020) lalu yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat.
“Berkaitan hal tersebut, selaku pribadi dan keluarga, saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh prajurit serta PNS sekalian atas segala dukungan dan kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini. Saya percaya, dukungan dari seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam XVIII/Kasuari sangat besar, artinya bagi kelancaran pelaksanaan tugas pokok Kodam XVIII/Kasuari, khususnya dalam mendukung pelaksanaan tugas saya selaku Pangdam XVIII/Kasuari yang telah berlangsung selama kurang lebih 4 bulan, ” ujar Mayor Jendral TNI Ali Hamdan Bogra, dalam apel yang digelar di Lapangan Makodam,  Senin (14/9/2020).
Ali berharap, agar hubungan yang sudah terjalin baik selama ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan demi tercapainya  kesuksesan dan keberhasilan dalam mengembang tugas-tugas TNI AD khususnya Kodam XVIII/Kasuari di masa mendatang.
Ali juga berpesan lima hal kepada seluruh anggota  dan PNS Kodam  XVIII /Kasuari. Pertama, terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. “Karena iman dan taqwa adalah dasar kehidupan manusia. Tanpa adanya iman dan taqwa manusia tidak akan bisa menjalankan kehidupan dengan ridho dan petunjuk tuhan yang maha kuasa,” katanya.
Kedua, tetap pelihara disiplin, loyalitas, soliditas dan kebersamaan sebagai nilai-nilai hakiki dalam tradisi keprajuritan TNI Angkatan Darat yang harus dipertahankan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari hari, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan, kebersamaan dan ketaatan  yang menjadi landasan pengabdian prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari selama ini.
Ketiga, tetap pelihara dan tingkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai kekuatan moral dalam sejarah perjuangan TNI yang telah yang telah dibangun oleh para pendiri-pendiri bangsa, karena keberadaan dan keberhasilan yang selama ini diraih Kodam XVIII/Kasuari tak bisa dipisahkan dari dukungan masyarakat di wilayah Papua Barat. “Oleh karena itu Kodam XVIII/Kasuari harus benar-benar bisa menjadi bagian dari masyarakat Papua Barat, sebagaimana motto saya ‘Kasuari untuk Papua Barat” dan “Papua Barat untuk Kasuari’,” jelasnya.
Keempat, tumbuh kembangkan nilai-nilai profesionalisme keprajuritan melalui peningkatan budaya belajar dan berlatih untuk seluruh prajurit dan keluarga Kodam XVIII/Kasuari. Dan kelima, jaga kesehatan sebagai modal dasar bagi prajurit dalam menjalankan tugas, saat ini tengah berlangsung ancaman wabah virus Covid-19 yang telah merubah tatanan kehidupan sosial di masyarakat yang tidak pernah terbayangkan dampaknya selama ini. “Oleh karena itu patuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah sebagai upaya dalam menghambat penularan virus dan membahayakan keselamatan masyarakat, ” demikian pesan Ali.
Lebih lanjut Ali menyampaikan keberhasilan yang telah dicapai Kodam XVIII/Kasuari merupakan hasil kerja keras bersama, oleh karena itu sekali lagi, dirinya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh prajurit dan PNS, jajaran Kodam XVIII/Kasuari yang telah mendukung pelaksanaan tugas sebagai Pangdam XVIII/Kasuari selama ini.(rls/aa)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.