42 Tim Basket se Tanah Papua Ikut Turnamen Kejuaraan Basket Owor 

0
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Sebanyak 42 tim mengikuti kejuaraan bola basket Owor (Orgenes Wonggor) Open Turnamen Basketball 2023. Kejuaraan turnamen ini secara resmi di buka oleh Plt Sekda Papua Barat, Yacob Fonataba di GOR Sanggeng, Sabtu (28/11/2023) sore.
Plt Sekda Papua Barat, Yacob Fonataba mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat mendukung sepenuhnya setiap cabang olahraga, khususnya olahraga Basketball di Provinsi Papua Barat.
Ia menyampaikan, cabang-cabang olahraga berprestasi dan fungsional Pemprov Papua Barat selalu memperhatikan dan memprioritaskan.  “Terutama cabang-cabang punya prestasi yang dapat bersaing di iven-iven nasional hingga internasional,”katanya.
Ia meminta pembina olahraga di Papua Barat khusus di Manokwari, harus membuat perencanaan serta mengorganisir secara baik. Untuk memaksimalkan itu, perlu adanya training- training secara kontinyu serta berkelanjutan dalam rangka mempersiapkan generasi berprestasi.
Ia berharap, dengan kejuaraan bola basket dalam rangka mencari kader-kader basket yang profesional tersebut dapat membentuk tim basket yang mewakili Provinsi Papua Barat di tingkat regional, Nasional hingga ke internasional. “Tim-tim yang berlaga, junjung sportifitas serta membangun kebersamaan dalam iven ini. Terutama menjaga keamanan dan ketertiban. Dalam pertandingan tentu ada yang menang dan ada yang kalah,” tutur Yacob. “Terpenting adalah, terus berlatih sehingga dapat meraih prestasi gemilang,”tambahnya.
Ditegaskan, bahwa hasil dari kejuaraan ini tidak semata- mata berhenti sampai di sini. Ke depan akan ada iven-iven, yang akan diselenggarakan untuk membangun prestasi, bagi kalangan generasi muda di provinsi ini. “Kami berharap sistem manajemen, dari  pembinaan olahraga dapat ditingkatkan secara efektif dan transparan. Tidak bertolak belakang dengan nilai nilai kemanusiaan,”tegasnya.
Hal terpenting adalah memberdayakan olahraga basket di Papua Barat dan mampu sukses pada ivent Nasional hingga iven selanjutnya. “Pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan apresiasi kepada Orgenes Wonggor beserta panitia yang sudah menyelenggarakan kejuaraan bola basket Owor Open Turnamen Basketball 2023,” ungkapnya.
Ketua Panitia, Ketua panitia Jhefrison Nanulaitta menambahkan, kejuaraan bola basket Owor (Orgenes Wonggor) Open Turnamen Basketball 2023 bertujuan pembinaan olahraga bola basket di Tanah Papua di Papua Barat yang handal dan berkesinambungan.
Peserta mengikuti turnamen tersebut, perwakilan bola Basket se Tanah Papua sekitar 42 tim yang terbagi kategori putra umum 23 tim, kategori putri umum 9 tim dan kelompok umur 16 tahun 11 tim. (ar)




Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.