353 Ketua RT/RW Terima Kado Natal dari Pemkab Manokwari

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari memberikan kado Natal berupa bingkisan dan insentif kepada 353 ketua RT dan RW di daerah ini, Selasa (20/12/2022) di Aston Niu Hotel Manokwari.

Kado natal tersebut diberikan langsung oleh Bupati Manokwari Hermus Indou kepada ketua RT/RW pada Rapat koordinasi (Rakor) Pemkab Manokwari bersama ketua RT/RW se-kabupaten Manokwari.

Samoel Aronggear, Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Manokwari melaporkan, pemberian insentif dan bingkisan natal kepada 353 ketua RT/RW se-kabupaten Manokwari terdiri dari 272 ketua RT dan 81 ketua RW.

“Jumlah pembayaran insentif untuk ketua RT dan RW, sebesar Rp 6 juta per tahun atau Rp 500 per bulan. Angaran tersebut masuk dalam DPA Bagian Pemerintahan,” kata Samoel.

Penyerahan insentif tersebut secara simbolis diberikan langsung oleh Bupati Manokwari, Sekda Manokwari, Kepala Kajaksaan Negeri Manokwari, Kapolres Manokwari, Kepala Pengadilan dan Dandim Manokwari kepada 10 perwakilan ketua RT/RW.

Tak hanya menerima Insentif, para ketua RT/RW juga menerima bingkisan natal.

Bupati Manokwari Hermus Indou dalam arahannya mengatakan, RT/RW harus berperan aktif membantu tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini.

“Di dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini sangat ditentukan oleh kinerja seluruh elemen pemerintahan termasuk ketua RT dan RW,” kata Bupati Hermus.

Penyelenggaraan pemerintahan yang kuat ditopang oleh berbagai pilar, terutama pilar birokrasi. Oleh karena itu, birokrasi mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat kelurahan atau kampung harus dapat ditata dan dibina secara baik.

“Tugas utama RT/RW adalah membantu para lurah untuk bagaimana penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. Terutama membantu dalam hal pembinaan kependudukan,” tuturnya.

Tak hanya melakukan pembinaan kependudukan, harus mengawasi kependudukan yang ada. Penduduk yang datang maupun penduduk yang keluar.

“Kita harap dapat melakukan deteksi dini terhadap potensi-potensi yang menyebabkan kekacauan atau gangguan kamtibmas di Kabupaten Manokwari, menjadi tugas RT/RW membantu para lurah,” tegasnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.