Perkokoh Organisasi, Ikaswara Kota Sorong Bentuk Perkumpulan Perempuan

0
49
KOTA SORONG,KLIKPAPUA.com–Sebagai organisasi induk yang mewadahi perkumpulan keluarga dari berbagai suku di Pulau Jawa, Ikatan Keluarga Sunda, Jawa dan Madura (IKASWARA) Kota Sorong terus berbenah untuk memperkokoh organisasi.
Yang terbaru, Ikaswara Kota Sorong membentuk badan otonom bernama Perkumpulan Perempuan Ikaswara. Untuk menyusun struktur kepengurusan organisasi ini, Sabtu (20/11/2021) siang digelar Musyawarah Daerah ke-1, di Sekretariat Ikaswara Kilometer 12 Kota Sorong.
Peserta Musda ke-1 PP Ikaswara ini, diikuti para perempuan dari  setiap kelompok perkumpulan keluarga. Ketua Ikaswara Kota Sorong, Tupono menjelaskan, jumlah organisasi keluarga yang menjadi konsituen Ikaswara sebanyak 33 perkumpulan, diantaranya Ikatan Keluarga Lembur Kuring (IKLK), Keluarga Rempug Betawi (KRB), Perkumpulan Keluarga Madura (Perkema), Perkumpulan Masyarakat Jawa Timur (Perma Jatim).
“Dari setiap perwakilan perkumpulan keluarga mengirimkan wakilnya untuk terlibat dalam penyusunan pengurus. Ini perkumpulan baru yang menjadi banom Ikaswara, tentunya saya berharap bisamemilih orang-orang yang tepat sebagai pengurus,” kata Tupono, Ketua Ikaswara.
PP Ikaswara harus mensupport dari setiap program yang telah disusun oleh Ikaswara sebagai induk organisasi. Selain bertanggungjawab terhadap forum Musyawarah Daerah (Musda), PP ini juga bertanggungjawab kepada Ketua Umum Ikaswara.
“Makanya, dalam kepengurusan PP Ikaswara ini, setiap program yang disusun harus selaras dengan program yang telah ada di Ikaswara,” tandas Tupono.
Berlangsung di lantai dua Sekretariat Ikaswara, Musda ini dipimpin Ngesti Wihayuningtyas. Pembukaan Musda ini dihadiri Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan S.I.K dan Komandan Kodim Sorong, Letkol Budiman.
Kapolres Sorong Kota berharap, terbentuknya PP Ikaswara bisa berkolaborasi dengan kepolisian, maupun struktur organisasi yang ada di dalamnya seperti Bhayangkari. Tujuan utamanya adalah menyukseskan program pemerintah yang terintegrasi, mulai dari pusat hingga di level bawah.
“Saya mengapresiasi upaya dari pengurus Ikaswara dalam memperkokoh organisasinya, dengan membentuk badan aotonom di dalamnya. Tadi kita sudah komunikasikan dengan Ketua Umumnya, bagaimana bisa bersinergi dalam menjalankan program pemerintah, terutama soal vaksinasi yang saat ini sedang gencar dilakukan,” kata Ary Nyoto. (rls/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.