KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- SD YPK Weswasa yang terletak di Distrik Teluk Arguni Atas membutuhkan perhatian serius Pemerintah Daerah. Perhatian dibutuhkan guna memaksimalkan pelayanan pendidikan kepada anak-anak gererasi penerus Kaimana yang ada di kampung tersebut. 

Sekolah yang dipimpin Yeni Grita Kadubun, S.Pd ini mengalami banyak persoalan yang menghambat jalannya kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selain minimnya ruang kelas, yang mengakibatkan dua rombongan belajar menyatu dalam satu ruang kelas, sekolah ini juga mengalami persoalan pada rumah guru dan MCK yang kondisinya tidak memadai. 

Hal ini terungkap saat kunjungan kerja Kepala Distrik Teluk Arguni Atas, Septer Samaduda, S.Sos bersama staf, Senin (23/9/2019). Ketika mengunjungi Kampung Borogerba, Septer bersama staf sempat menyinggahi SD YPK Weswasa yang letaknya tidak jauh dari kampung Borogerba. 

Saat tatap muka dengan Kepala SD YPK Weswasa serta para tenaga pengajar, Septer mendapatkan laporan bahwa SD YPK Weswasa mengalami kekurangan ruang kelas. Selama ini untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar, satu ruang kelas digunakan bersama oleh dua rombongan belajar. 

Selain itu, rumah guru dan MCK pada sekolah ini juga tidak memadai, sehingga diharapkan ada perhatian khusus dari Pemerintah Daerah. Hal lain yang dibutuhkan pihak sekolah adalah profil tank untuk penampungan air bersih bagi kebutuhan guru dan siswa. Disisi lain, pihak sekolah juga melaporkan jika penempatan kepala sekolah pada sekolah tersebut hanya berdasarkan nota tugas. 

“Masalah yang pertama, mereka masih menggunakan 1 ruang untuk 2 kelas dalam proses belajar mengajar. Begitu juga rumah dinas, 1 rumah untuk 3 orang guru, serta rumah kepala sekolah yang direhab tahun 2016 masih berdinding triplex,” rilis pemilik akun facebook Distrik Teluk Arguni di media sosial. 

Pihak sekolah berharap agar kepala distrik melaporkan masalah ini kepada Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Sedangkan menyangkut nota tugas, pihak sekolah juga berharap agar kepala distrik melaporkannya kepada Bupati Kaimana. (iw)        

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.