Ratusan Personel TNI-Polri Disiagakan Amankan Kunjungan Wapres di Kaimana 

0

 

KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Sedikitnya 947 personel TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan kunjungan Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin di Kaimana, 30 November hingga 1 Desember 2022. 

Hal ini disampaikan Danrem 182/Jazirah Onim, Kolonel Inf. Hartono saat memimpin rapat pemantapan persiapan kunjungan Wapres di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana, Senin (28/11/2022). 

Dalam rapat, Danrem secara khusus meminta Dandim 1804 Kaimana dan Kapolres Kaimana sebagai penanggungjawab keamanan di lokasi kegiatan termasuk penginapan Wapres di Kaimana Beach Hotel agar mengatur secara baik sistim pengamanan dan melakukan netralisir area saat orang nomor 2 tiba di lokasi.

“Saya harap Dandim dan Kapolres bisa berkoordinasi dengan baik soal sistim pengamanan di setiap lokasi yang akan didatangi termasuk di tempat penginapan Kaimana Beach Hotel,” tegas Hartono.

Usai rapat kepada wartawan juga Danrem mengatakan, kunjungan Wapres saat ini memerlukan antisipasi tingkat tinggi mengingat pada tanggal 1 Desember sekelompok warga Papua yang berseberangan idealisme biasa melakukan aksi.

Danrem mengajak masyarakat agar bersama-sama menciptakan situasi keamanan yang kondusif karena tidak semua daerah dikunjungi dan kunjungan Wakil Presiden ini dipastikan akan membawa dampak baik bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan hidup masyarakat melalui pengembangan potensi yang tersedia.

“Saya mengharapkan kepada saudara-saudara saya yang saat ini masih berseberangan dengan NKRI agar mari bersama-sama memajukan Indonesia, majukan Kaimana dalam kerangka bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Kaimana AKBP Gadug Kurniawan, SIK,MH melalui Kabag Ops Kompol Ruben Obed Kbarek S.H.,S.I.K menjelaskan, Polres Kaimana sendiri akan mengerahkan 223 personil untuk melakukan pengamanan di setiap titik dan 150 lainnya disiagakan di Mako Polres.

Selain personel, sejumlah fasilitas pendukung juga sudah disiapkan seperti PAM outfit untuk pengaman safe door, metal detektor dan motor pengamanan dari Direktorat Lantas untuk 4 orang personil.

Kabag Ops juga menerangkan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum kedatangan Wapres, pihaknya bersama TNI dan stkeholder lainnya telah melaksanakan patroli rutin gabungan.

 “Kita masih terus melakukan patroli gabungan hingga H+3 bersama TNI termasuk intelegen untuk antisipasi keadaan sehingga informasi sekecil apapun langsung kami tangani,” tegas Kompol Ruben. (iw)

 

   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.