26 Pelajar SMK se-Papua Barat Adu Debat Bahasa Inggris 

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui Dinas Pendidikan menggelar lomba debat Bahasa Inggris jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Papua Barat.

Sebanyak 26 pelajar SMK se-Papua Barat ambil bagian dalam lomba debat Bahasa Inggris, yang akan berlangsung selama 3 hari di Aston Niu Hotel Manokwari.

Foto bersama peserta lomba dari SMK Manokwari Raya

Lomba debat ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat Barnabas Dowansiba didampingi Kepala Bidang SMK Arius Mofu pada, Senin (28/11/2022) malam.

Ketua panitia Jerry Saiba menyebut, dalam lomba debat melibatkan 3 orang juri dari Universitas Papua (Unipa), 13 pendamping guru, dan 26 peserta siswa-siswi SMK se-Papua Barat.

Barnabas Dowansiba dalam sambutannya mengatakan, bahasa Inggris suatu hal yang wajib dikuasai oleh setiap pelajar, mengingat era saat ini bahasa Inggris sangat dibutuhkan disetiap industri.

Meski dirasa penting, Barnabas meminta agar pelajar tidak melupakan budaya Indonesia terutama bahasa Indonesia sebagai bahasa Ibu.

“Yang terpenting para siswa dapat menguasai komunikasi yang baik, lomba debat ini melatih kepemimpinan,” tuturnya.

Menurut Barnabas, debat Bahasa Inggris untuk siswa SMK tingkat Provinsi Papua Barat ini, memiliki posisi yang sangat strategis sebagai ajang penajaman kemampuan siswa dalam mengekspresikan perasaan, informasi, dan pemikiran dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar.

“Setiap pelajar harus berani mengungkapkan pendapat, jangan takut salah,” tutupnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.