Pernah Tangani Kasus Narkoba Melibatkan Anak Bawah Umur, PN Kaimana Minta Warga Waspada

0
Waket Ketua Pengadilan Negeri Kaimana pada kegiatan Deseminasi Informasi P4GN.
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Pengadilan Negeri Kaimana telah dua kali menangani dan memutuskan kasus penyalahgunaan Narkoba sejak beroperasi di Kaimana. Salah satunya bahkan melibatkan terdakwa anak dibawah umur.
Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kaimana, Ina Rahman, SH,M.Hum saat kegiatan Deseminasi Informasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diselenggarakan BNN Provinsi Papua Barat, 11 Maret 2020 lalu.
Dijelaskan, selama tahun 2019 hingga 2020, telah banyak kasus yang ditangani dan diputuskan Pengadilan Negeri Kaimana. Dari sekian banyak kasus dimaksud, terdapat dua kasus penyalahgunaan narkoba, yang salah satunya melibatkan anak dibawah umur sebagai terdakwah.
“Terhitung sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2020, Pengadilan Negeri Kaimana sudah menangani 2 Kasus narkoba yang telah disidangkan dan diputuskan. Dan yang membuat miris itu, dari 2 kasus tersebut salah satu pelakunya adalah anak-anak yang pada saat itu umurnya belum mencapai 17 tahun,” ungkap Ina Rahman.
Disebutkan, berdasarkan jalur peredaran yang terungkap, barang terlarang dimaksud didatangkan dari luar Kaimana, yakni dari Manokwari menuju Fakfak dan kemudian didistribusi ke Kaimana. “Berdasarkan data yang terungkap, barang terlarang ini masuk dari Manokwari dan Fakfak, dengan berat nol sekian persen,” terangnya.
Ia mengingatkan, meskipun kasus narkoba yang ditangani ini jumlah tergolong rendah, namun diharapkan semua pihak bisa lebih waspada dengan melakukan tindakan antisipasif. Pengawasan juga perlu diperketat mengingat Kabupaten Kaimana ini memiliki akses tranportasi yang cukup terbuka dan memungkinkan masuknya barang-barang terlarang.
“Kaimana ini kota kecil tetapi jangan main-main karena jika dibandingkan dengan daerah lain di Papua Barat, kita disini aksesnya cukup terbuka baik laut maupun udara. Mungkin sedikit sulit jika melalui bandara, tapi ingat pelabuhan laut kita cukup berpeluang untuk masuknya barang tersebut karena kapal yang masuk cukup lancar,” ujarnya. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.