Pendaftar CPNS di Kaimana 1.975 Orang, Pelamar SLTA Terbanyak

0
223
Olivia Ansanai, S.STP,M.Si, Ketua Panitia Penyelenggara Seleksi CPNS.

KLIKPAPUA,KAIMANA- Jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018 Kabupaten Kaimana mencapai 1.975 orang. Ini data terakhir hingga batas waktu penutupan Selasa (2/4/2019) pukul 00:00 WIT.

Jumlah ini didominasi oleh pelamar formasi umum asli Papua sebanyak 1.545 dan formasi umum non Papua sebanyak 435 orang. Seleksi dengan sistim Computer Assisted Test (CAT) akan dilaksanakan setelah Pemilu.

Informasi ini disampaikan ketua panitia penyelenggara penerimaan CPNS 2018, Olivia Ansanay, S.STP,M.Si saat dikonfirmasi terkait kelanjutan dari proses penerimaan CPNS.

Di sela kegiatan resepsi Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, Kamis (4/4/2019), Olivia mengatakan, pendaftaran sudah resmi ditutup pada 2 April pukul 00:00 WIT.

Jumlah pelamar yang mendaftar jelas dia, sebanyak 1.975 orang, yang terdiri dari pelamar formasi umum asli Papua sebanyak 1.545 dan formasi umum non Papua sebanyak 435 orang. Pelamar dengan latar belakang pendidikan SLTA merupakan pelamar terbanyak untruk formasi tahun ini yakni mencapai 951 orang, menyusul jenjang S-1 sebanyak 712 orang dan D-lll sebanyak 312 orang.

Dari total pelamar yang mendaftar ini lanjutnya, untuk formasi dokter spesialis tidak ada pelamar sama sekali. Demikian pula pelamar untuk formasi guru, terjadi kekosongan pada beberapa jabatan karena kemungkinan besar para pelamar mempertimbangkan letak sekolah yang nanti akan dijadikan tempat mengabdi.

“Yang tidak ada pelamar sama sekali itu di formasi dokter spesialis anak, ahli anastesi, ahli bedah dan ahli kandungan. Formasi guru juga ada yang tidak ada  pelamar seperti guru penjas orkes dan guru sekolah dasar. Tapi untuk formasi guru, ini disebabkan adanya penumpukkan pada satu jabatan di satu lokasi karena pelamar kesannya memilah-milah sekolah berdasarkan letak geografis. Ini yang menyebabkan terjadi penumpukkan di satu lokasi, sementara jabatan yang sama di lokasi lainnya kosong,” terang Olivia.

Ditegaskan, pendaftaran sendiri sudah resmi ditutup, dengan total pelamar 1.975 orang. Tidak ada perpanjangan masa pendaftaran karena pengumuman hasil seleksi administrasi sendiri sudah dijadwalkan pada 10 April. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan proses cetak nomor ujian secara online.

Disinggung tempat pelaksanaan tes dan fasilitas komputer yang disiapkan, Olivia mengatakan, seleksi dengan sistim Computer Assisted Test (CAT) akan dilaksanakan selama 15 hari sejak 24 April hingga 10 Mei 2019 yang dipusatkan di Gedung Pertemuan Kaimana Jalan Casuarina Krooy. Sementara total komputer untuk penyelenggaraan CAT 110 unit.

“Komputernya sudah siap, sebagian kami ambil dari beberapa SMA dan SMK. Jumlah keseluruhannya 110 unit, 100 digunakan untuk peserta, sedangkan 10 sebagai cadangan. Tapi sebelum pelaksanaan seleksi, akan turun tim dari BKN Kantor Regional Papua Barat di Manokwari untuk melakukan survey kelayakan lokasi dan perangkat ujian,” pungkas mantan Sekretaris DPRD Kaimana ini. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.