Sebagai Organisasi Pemerintah, Bupati Mairuma Harapkan PKK Mainkan Peran Strategisnya

0
153
Bupati serah hadiah lomba meriahkan HKG PKK ke-47 kepada masing-masing pemenang.

KLIKPAPUA,KAIMANA- Tim Penggerak PKK Kabupaten Kaimana bersama-sama dengan Tim Penggerak PKK dari tujuh wilayah distrik se-Kabupaten Kaimana menggelar resepsi Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke-47, Kamis (4/4/2019) di gedung Pertemuan Kabupaten Kaimana, Jalan Casuarina Krooy.

Turut hadir dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah” ini, Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma, Sekretaris Daerah Rita Teurupun, S.Sos, Wakil Ketua I DPRD Kaimana Dominggus Ruwe bersama anggota, para pimpinan OPD, serta tamu undangan lainnya.

Resepsi HKG PKK ke-47 ini, selain ditandai pemotongan tumpeng oleh Bupati Kaimana bersama istri Ny. Coni Elita Mairuma selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kaimana untuk kemudian dibagikan kepada seluruh Ketua Tim PKK tingkat distrik dan sesepuh PKK, juga diselingi penyerahan hadiah lomba kepada para pemenang, serta acara hiburan yang dipersembahkan murid PAUD Kuntum dan penyanyi lokal asal Kooy Distrik Buruway.

Bupati Matias Mairuma dalam sambutannya mengatakan, organisasi PKK bukan organisasi diluar pemerintahan. Berdasarkan sejarah lahirnya PKK lanjut Bupati, sejak negara ini hadir, organisasi PKK ini sudah mengambil perannya yang sangat fundamental dan strategis dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia.

Oleh karenanya, melalui peringatan HKG PKK ke-47 ini, seluruh tim penggerak PKK mulai dari tingkat kabupaten, distrik dan desa diharapkan bisa memainkan peran-peran strategis dalam mendukung pembangunan daerah. Tim Penggerak PKK harus memahami secara baik tugas pokok dan fungsinya masing-masing sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi.

“Organisasi PKK ini merupakan organisasi pemerintah yang mempunyai AD dan ART. Sehingga setiap anggota PKK mempunyai kewajiban untuk memahami isi dari AD dan ART itu. Apa tujuan dari kehadiran PKK, apa juga tugas yang diberikan kepada organisasi PKK dan apa juga fungsi yang harus dimainkan oleh setiap anggota dalam organisasi ini untuk mendukung program pembangunan yang dicanangkan pemerintah daerah,” ungkap Bupati.

Lebih jauh Bupati mengajak seluruh anggota PKK agar kedepan terus membangun hubungan kerjasama yang baik dengan sesama anggota dalam organisasi, maupun dengan organisasi lainnya. PKK harus menunjukkan jati dirinya sebagai organisasi milik pemerintah, yang memiliki peran strategis dalam membangun bangsa.

“Pada perayaan HUT PKK kali ini hendaknya seluruh anggota PKK duduk mereview kembali perjalanan organisasi ini selama setahun. Apa yang sudah dilaksanakan dan mencapai hasil yang baik, apa yang belum dilaksanakan dan belum mencapai hasil. Lakukan refleksi, lalu pikirkan apa yang mau dilakukan kedepannya. Ini penting karena organisasi ini lahir untuk mendukung setiap program pemerintah,” pungkas Bupati. (iw)

 

 

 

      

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.