Jelang KBMAP IV, Forkopimda, Panlak, Dewan Adat Kaimana Gelar Rapat

0
38
Panlak bersama Dewan Adat Kaimana, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaimana, Rabu (6/10/2021), menggelar rapat koordinasi terkait persiapan pelaksanaan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) IV di Kaimana
KAIMANA,KLIKPAPUA.com— Panitia pelaksana (Panlak) bersama Dewan Adat Kaimana, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaimana, Rabu (6/10/2021), menggelar rapat koordinasi terkait persiapan pelaksanaan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) IV di Kaimana yang dijadwalkan 25-30 Oktober 2021.
Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana ini dihadiri Forkopimda Kaimana yang terdiri dari Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, Kapolres AKBP I Ketut Widiarta, Kasdim 1804 Kaimana Mayor Inf. Nasaruddin Umasugi, perwakilan Yonif 764/IB dan Kejari Kaimana serta lainnya.
Sementara dari pihak Dewan Adat dan panitia pelaksana KBMAP, dihadiri Ketua Dewan Adat Johan Werfete dan sejumlah anggota, serta Ketua Panlak Arifin Sirfefa dan anggota.
Wakil Bupati Hasbulla Furuada pada kesempatan tersebut mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kaimana pada intinya mendukung penuh pelaksanaan KBMAP IV di Kabupaten Kaimana.
Ia mengajak para tokoh adat, panitia pelaksana maupun aparat keamanan untuk menyatukan persepsi dan bersama-sama bekerja mensukseskan pelaksanaan KBMAP IV. Wakil Bupati ingatkan agar semua kebutuhan yang berkaitan dengan penyambutan tamu, penginapan, konsumsi dan lainnya agar disiapkan secara baik.
“Pemerintah Daerah bersama Forkopimda, Dewan Adat dan panitia kita satukan persepsi serta visi misi berkaitan dengan suksesnya kegiatan yang akan dilaksanakan nanti. Masalah kedatangan tamu, penginapan dan lainnya bahkan keamanan dan kesehatan harus disiapkan semua,” ujarnya.
Hal yang sama juga disampaikan Kapolres Kaimana I Ketut Widiarta. Ia mengatakan, konferensi yang sudah tiga kali dilaksanakan dan akan kembali dilaksanakan di Kaimana, harus tetap dijaga dan dirawat agar tetap aman terkendali.
Dikatakan, Kabupaten Kaimana ini cukup dikenal sebagai daerah yang aman dan kondusif. Untuk itu, semua pihak diminta untuk menjaga dan memelihara kondisi yang sudah kondusif ini sehingga bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi peserta dan tamu konferensi nantinya.
Kapolres juga menjamin, pihaknya bersama TNI serta tim pengamanan konferensi dari Dewan Adat Kaimana, akan bertanggungjawab menjaga dan menciptakan suasana aman dan tertib menjelang hingga pada saat pelaksanaan konferensi.
Kesempatan yang sama juga Ketua Dewan Adat Kaimana Johan Werfete meminta Pemerintah Daerah, aparat keamanan dan seluruh masyarakat Kaimana untuk memberikan dukungan bagi suksesnya pelaksanaan konferensi besar masyarakat adat Papua. Dikatakan, KBMAP ini merupakan kegiatan rutin yang sudah pernah tiga kali dilaksanakan.
“KBMAP ini sudah tiga kali dilaksanakan. Dan hajatan keempat di Kaimana ini didasarkan pada hasil pleno ke-14 tahun 2018 di Jayapura yang menetapkan Kaimana sebagai tuan rumah konferensi besar ke-IV se-Tanah Papua ini,” terang Johan. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.