Disbudpar Mulai Kembangkan Kuliner Khas Kaimana

0
73
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kaimana, Sabtu (30/10/2021), menyelenggarakan kegiatan pengembangan sekaligus promosi kuliner khas Kaimana berbahan dasar pangan lokal.
Kegiatan yang dibuka Bupati Kaimana, Freddy Thie ini melibatkan para pelaku UMKM di Kawasan Sentra Pariwisata (KSP) I Kaimana dan KSP II Teluk Triton. Kegiatan ini sendiri bertujuan mempersiapkan masyarakat dalam menyambut Kaimana sebagai kota wisata.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaimana, Usman Fenetiruma dalam laporannya mengatakan, kegiatan pameran kuliner khas Kaimana ini sesungguhnya sudah beberapa kali digelar sejak Kabupaten Kaimana terbentuk.
Dan perkembangan kuliner khas Kaimana saat ini, sesungguhnya sedang berada pada fase mencari bentuk yang tepat untuk kemudian bisa tumbuh dan berkembang tidak hanya pada tingkat lokal, tetapi hingga level nasional maupun internasional.
Dikatakan, kuliner khas Kaimana memiliki potensi yang cukup bagus karena bahan dasar pembuatannya cukup bervariasi yang berasal dari pangan lokal non beras. “Seperti keladi, pisang atau lainnya yang jika diolah secara baik cita rasanya itu cocok untuk lidah semua orang. Ini yang kita harapkan agar kedepan bisa seperti ini,” ujar Fenetiruma.
Dijelaskan, pameran kuliner khas Kaimana kali ini hanya melibatkan para pelaku usaha dari KSP I Kaimana yang mencakup Kolam Sisir dan KSP II Teluk Triton, karena dari 5 KSP yang ada di wilayah Kabupaten Kaimana, 2 KSP ini yang sedang menjadi fokus pengembangan pariwisata.
Sementara Bupati Kaimana, Freddy Thie pada pembukaan kegiatan berharap agar kuliner khas Kaimana ini dikelola secara baik sehingga bisa diminati oleh para pengunjung wisata dan menjadi sumber mata pencaharian bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat suku asli Kaimana.
Bupati juga berharap, kedepan ada kuliner khas Kaimana yang bisa mendukung keberadaan Kaimana sebagai kota wisata. “Seperti kalau kita ke Jogjakarta, ada kuliner khas disana yang disebut Gudeg. Kita disini banyak ikan. Saya berharap Kaimana harus ada makanan lokal khas Kaimana,” ujar Bupati. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.