BPS Bersama Pemerintah Distrik Kaimana Rakor Sensus Penduduk 2020

0
947
Suasana Rakor Sensus Penduduk antara BPS dan Pemerintah Distrik Kaimana.
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM–Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaimana bersama Pemerintah Distrik Kaimana menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 di Gedung Pertemuan Distrik Kaimana, Selasa (18/2/2020).
Rapat yang berlangsung sehari ini melibatkan para Kepala Kampung, Lurah dan Ketua RT.
Kegiatan yang dihadiri Kepala BPS Kaimana, Melianus Wamafwa dan para staf ini dibuka Kepala Distrik Kaimana, Sacrhir Kamakaula, S.STP. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait pelaksanaan Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan BPS.
Kepala Distrik Kaimana, Sachrir Kamakaula dalam sambutannya dihadapan para Kepala Kampung dan Ketua RT menegaskan, pendataan penduduk yang dilakukan oleh BPS Kaimana ini merupakan salah satu program pemerintah pusat untuk kepentingan bangsa dan negara. Program ini terang dia, bertujuan untuk menertibkan data kependudukan.
Oleh karenanya, penyelenggara pemerintahan di tingkat wabah, dalam hal ini  Pemerintah Distrik dan Kampung wajib membantu mensuseskannya. Sensus Penduduk Tahun 2020 terang Sahrir, dilakukan secara online maupun offline dalam rangka menuju satu data kependudukan Indonesia.
“Data kependudukan sangat penting bagi kabupaten dan juga negara. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi kita yang ada di pemerintahan tingkat bawah baik kepala kampung maupun RT untuk mensukseskan kegiatan sensus penduduk. Kegiatan Sensus Penduduk ini merupakan program nasional yang akan dijalankan oleh BPS,” terang Kamakaula.
Untuk kelancaran proses pendataan, Sachrir meminta pihak BPS untuk terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Distrik sehingga proses pendataan ke kampung-kampung bisa berjalan lancar. “Kalau bisa selama pendataan ini, pihak BPS berkoordinasi dengan kami di Distrik supaya kami bisa mendampingi dan membantu memberikan data yang valid,” ungkap Sachrir.
Di tempat yang sama, Kepala BPS Kaimana, Melianus Wamafwa ketika dikonfirmasi mengatakan, koordinasi dengan Pemerintah Distrik, Pemerintah Kampung maupun Ketua RT akan terus berjalan selama pendataan dilakukan. Ia berharap, hasil Rakor dan kesepakatan kerjasama dalam hal pendataan ini dapat menghasilkan data kependudukan yang akurat bagi Kabupaten Kaimana. (iw)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.