HKG PKK ke-49, Gubernur PB: Peran Keluarga dalam Pembangunan dan Pengembangan SDM Faktor yang Sangat Strategis

0
89
Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 tahun 2021, di Kabupaten Sorong, Kamis (29/4/2021) yang dihadiri Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. (Foto: Ist)
SORONG,KLIKPAPUA.com–Peran  keluarga dalam pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia merupakan faktor  yang  sangat strategis. Dan tentunya  dibutuhkan komitmen  yang sangat tinggi  dan keterlibatan semua pihak. “Dan gerakan pemberdayaan  dan kesejahteraan keluarga  (PKK),  yang  mempunyai tujuan memberdayakan  keluarga  dalam memenuhi  kebutuhan dasar  untuk mencapai kesejahteraannya,” ujar Gubernur Papua Barat pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 tahun 2021, di Kabupaten Sorong, Kamis (29/4/2021).
Dengan kata lain, kata Gubernur, gerakan PKK  dalam mewujudkan perannya,  bisa menjadi  motivator  dan dinamisator  masyarakat   agar setiap keluarga   dapat menjadi instrument  pembangunan. “Melalui  program dan kegiatan  yang  dilakukan, keluarga  harus  diupayakan menjadi sejahtera  karena  keluarga  adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan,” tutur Gubernur.
Apabila keluarga  sudah dapat mewujudkan  tata kehidupan yang baik,  maka  akan  berimplikasi  pada terwujudnya masyarakat sejahtera.  “Kondisi  ini yang  diharapkan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat  dan juga pemerintah  kabupaten -kabupaten dan kota  di Provinsi Papua Barat.  Dan tentunya,  dibutuhkan  banyak  peran untuk mewujudkannya,   termasuk  Tim Penggerak PKK  disemua jenjang,” jelas Gubernur.
Dalam kesempatan itu, Gubernur juga berterimakasih kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat,  yang  turut memikul  beban terwujudnya  kesejahteraan keluarga,  melalui 10  program pokok  di Papua Barat. Demikian pula, Tim Penggerak PKK kabupaten, kota  dan distrik, Gubernur mengajak bersama-sama,  mewujudkan  keluarga  – keluarga  yang  bermartabat, dengan mengoptimalkan  peran  keluarga,  sehingga keluarga  mampu  memberdayakan diri, untuk tercapainya kesejahteraan keluarga.
“Saya  berharap,  Tim Penggerak PKK  disemua jenjang,  selaku mitra kerja pemerintah  dalam  melaksanakan pembangunan,  melalui  pengurus  dan kader,  bekerja  lebih  giat dalam mendorong dan  memfasilitasi pembangunan  pemberdayaan keluarga,  agar  terwujudnya kesejahteraan masyarakat  di  Provinsi Papua Barat,” harapnya.
“Peranan kader  sangat  menentukan pemberdayaan keluarga,  untuk  itu penguatan kepada  kader, juga  menjadi perhatian  bagi  Tim Penggerak PKK. Untuk itu,  peningkatan kapasitar  kader,  perlu  dijadwalkan,  untuk meperlengkapi kader  dalam menggerakkan masyarakat,” tambahnya. (kp1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.