Hadiri Musyawarah Umum II IKF Papua Barat, Gubernur Ajak Warga Bersatu

0
64
KOTA SORONG,KLIKPAPUA.com–Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menghadiri Musyawarah Umum ke II Ikatan Keluarga Flobamora NTT Provinsi Papua Barat di Kota Sorong, Jumat (19/3/2021).
Dalam sambutannya, Gubernur mengajak warga Papua Barat bersatu, karena kita tengah bersiap menyambut masa depan, tantangan akan semakin besar. Apalagi sekarang menyambut berbagai perubahan yang sedang terjadi di dunia.
“Perubahan sekarang sangat cepat sekali. setiap hari, setiap jam, setiap menit, setiap detik, setiap saat berubah terus dunia sekarang ini. Sudah sangat cepat sekali. Nantinya kita harus sadar bahwa lanskap politik, lanskap ekonomi juga akan berubah, semuanya karena teknologi,” kata Gubernur.
Namun Gubernur meyakini Ikatan Keluarga Flobamora NTT di Papua Barat bisa melahirkan inovasi-inovasi, guna mendukung pembangunan di Provinsi Papua Barat. “Saya percaya ikatan keluarga Flobamora NTT tidak mau terjebak dalam rutinitas dan mau maju, aktif melakukan perubahan-perubahan besar. Saya percaya Ikatan Keluarga Flobamora NTT di Papua Barat akan menjadi pendobrak kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak produktif dan membuat lompatan- kemajuan bagi Papua Barat,” tutur Gubernur.
Lebih lanjut Gubernur menegaskan, bahwa kekayaan Papua Barat bukan lagi hanya sumber daya alam, melainkan seni dan budaya. Kekayaan seni dan budaya bangsa yang sangat luar biasa tersebut adalah bahan baku dan sumber inspirasi yang akan melahirkan karya- karya yang bernilai tinggi.
“Saya yakin dengan modal budaya yang kita miliki, yang diikuti oleh proses kreativitas yang tinggi menjadi pondasi yang kuat untuk mengembangkan dan memajukan Papua Barat. Saya meminta keluarga besar ikatan keluarga Flobamora NTT Papua Barat yang hadir untuk menjadikan keberagaman sebagai sumber inspirasi pemersatu bangsa dan suku-suku yang ada di Papua Barat,” ajak Gubernur.
Kepada peserta musyawarah umum, diharapkan dapat melahirkan keputusan dalam keadaan yang baik. Tanpa ada unsur-unsur emosional yang berlebihan, agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan.“Buatlah keputusan-keputusan penting dalam forum ini dengan perasaan hati yang penuh suka cita, tidak boleh ada emosi dan marah. Pengambilan keputusan dengan cara yang baik, pasti akan menghasilkan keputusan yang baik juga. Organisasi Ikatan Keluarga Flobamora NTT Papua Barat agar terus aktif dalam mengembangkan dan membangun Papua Barat, untuk menjalin kebersamaan guna mempererat tali persaudaraan. Semoga ini menjadi semangat bersama dalam membangun Papua Barat,” ujar Gubernur.
Gubernur juga berharap masyarakat NTT yang tinggal di Papua Barat untuk selalu mendukung program pemerintah. Tentunya dengan membawa misi dan komitmen untuk bersatu maju di Papua Barat. “Mari kita saling bergandengan tangan dalam bingkai NKRI. Ini merupakan starting awal untuk kerjasama ke depannya. Saya juga berharap musyawarah umum seperti ini bukan saja sekali ini tetapi harus berlanjut untuk menggerakan peran aktif dari masyarakat Flobamora yang berada di Papua Barat untuk lebih nyata menunjukkan karya-karyanya,” jelasnya.
Kepada pengurus yang terpilih nantinya, Gubernur harapkan agar tidak meninggalkan budaya, sebab semua keluarga Flobamora merantau dari daerahnya tidak saling mengenal tetapi ketika tiba di di Papua Barat ini barulah saling kenal, dan sedapat mungkin ikut membangun daerah dimana dia berada.
“Karena itu, Flobamora provinsi selaku pusatnya di Papua Barat, agar mempersiapkan legal aspek, anggaran dasar yang kemudian menjadi literatur pengurus kabupaten/kota untuk menjalankan roda organisasi serta masyarakat flobamora pun bisa terus loyal dan menjaga soliditas ikatan kerukunan ini,” tuntasnya. (kp1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.