Dilibas Papua Barat, Tim Voli Indoor Putra Maluku Gagal Raih Tiket PON XXI

0
AMBON,KLIKPAPUA.com–Tim Bola Voli Indoor putra Maluku gagal meraih tiket ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara.
Hal itu lantaran pada pertandingan grand final Babak Kualifikasi (BK) PON XXI Cabang Bola Voli Indoor Wilayah Timur yang berlangsung di Sport Hall, Karang Panjang, Ambon, Senin (18/9/2023), tim putra Maluku dilibas Papua Barat 1-3 (20-25, 20-25, 25-22, 14-25).
Hasil ini membuat impian tim voli putra Maluku lolos ke PON XXI sirna. Papua Barat akhirnya berhak atas satu tiket yang merupakan kuota dari wilayah timur.
Papua Barat yang dilatih Zulnan Budiansyah didampingi asisten pelatih Raynold LN dan Bambang Tri Mulyono itu sejak awal tampil sangat apik.
Dengan formasi pemai yang terdiri dari Hayun Muhammad, Fahrul Roji, Derajat UR Gymnastiar, Regi Arisman, Dudi Sabarin dan Robby Firmasyah serta didukung libero Ikbal Aji Sobari tampil dengan smash-smash yang tepat sasaran.
Penampilan prima Setter Papua Barat Derajat UR Gymnastiar yang memberikan umpan yang akurat langsung dimanfaatkan dengan baik oleh Hayun Muhammad, Fahrul Roji, Regi Arisman, Dudi Sabarin dan Robby. Walau begitu, para pemain Maluku juga beberapa kali merepotkan Papua Barat.
Para pemain Maluku yang terdiri dari Geovano Semuel Teniwut, Simon Rurum, Mariyos Resimanuk, Muhamad Egi Gasing, Bernadus Ngilamele dan libero Semuel Lewier berupaya mengejar ketertinggalan angka namun set pertama disudahi Papua Barat dengan angka 25-20.
Di set kedua, saling kejar mengejar perolehan angka kembali terjadi. Namun lagi-lagi set ini berakhir denbgan keunggulan Papua barat 25-20 setelah servis Hayun Muhammad tak bisa dijangkau oleh para pemain Maluku.
Mengawali set ketiga, para pemain Maluku mencoba bangkit mengejar ketertinggalan. saling kejar mengejar perolehan angka kembali terjadi.
Beberapa kali para pemain Papua Barat melakukan kesalahan dalam servis maupun pengembalian bola sehingga membawa keuntungan bagi Maluku. Maluku akhirnya berhasil mencuri set ini dengan angka tipis 25-22.
Papua Barat akhirnya kembali tampil prima di set keempat guna memastikan tiket ke PON XXI. Set keempat akhirnya dikunci oleh Papua Barat dengan skor 25 – 14
Sebagaimana diketahui, BK bola voli indoor terbagi dalam empat wilayah, dengan kuota 12 tim voli indoor. Tuan rumah Aceh dan Sumut sama-sama langsung lolos, sehingga tersisa 10 tim yang lolos melalui BK.  Dari pembagian slot 10 tim itu, zona Sumatera mendapatkan satu tim, zona Kalimantan satu tim, zona Sulawesi satu tim, zona Maluku-Papua satu tim sedangkan enam tim sisanya dari zona Jawa-Bali-Nusa Tenggara. (MT-04)




Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.