Kepala Suku Besar Arfak: Persatuan Adalah Kunci Pembangunan Papua Barat

0
Kepala suku besar Arfak, Dominggus Mandacan usai menghadiri upacara HUT 79 RI di kantor Gubernur Papua Barat. (Foto: Ida/klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com– Dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Kepala Suku Besar Arfak, Dominggus Mandacan, menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam membangun Papua Barat. Hal ini disampaikannya saat menghadiri upacara bendera di halaman Kantor Gubernur Papua Barat, Sabtu (17/8/2024).

“Persatuan adalah modal utama kita untuk membangun Papua Barat yang lebih baik,” tegas Gubernur Papua Barat periode 2017-2022

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat, baik itu pemerintah, tokoh adat, maupun masyarakat, untuk bergandengan tangan mewujudkan Papua Barat yang maju dan sejahtera.

Mandacan juga menyoroti pentingnya peran pemuda dalam pembangunan daerah. Ia berharap generasi muda Papua Barat dapat menjadi penerus estafet perjuangan para pahlawan dan membawa Papua Barat ke arah yang lebih baik.

“kita tidak lagi berjuang dengan senjata atau bambu runcing seperti pada masa lalu. Sebagai gantinya, kita memegang alat-alat pertanian seperti skop, pacul, dan parang untuk mengelola hutan menjadi lahan produktif yang dapat meningkatkan kesejahteraan bersama,” ungkap Dominggus

Dominggus berharap, Papua Barat dapat terus berkembang menjadi lebih baik di masa depan. Ia menekankan pentingnya menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan melestarikan tanah Papua serta Manokwari.

“Mari kita jaga toleransi, kerukunan, dan persatuan antara semua suku, agama, ras, adat, dan budaya. Persatuan ini adalah modal utama untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” tuturnya.

Kesempatan itu juta, Dominggus mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah ini untuk mendukung suksesnya Pilkada serentak 2024.

Peserta kontestan Pilkada dan partai politik diminta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk berpolitik santun dan damai. (aa)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.